Sejarah Ditemukannya WWW Dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Diposting pada
Sejarah WWW dan Perkembangannya

Sejarah WWW (World Wide Web) – Dunia semakin mengalami kemajuan, barang-barang keseharian pun semakin canggih contohnya seperti smartphone, laptop, dan juga komputer. Menggunakan alat-alat itu dapat membuat kehidupan kamu menjadi jauh lebih mudah dan juga menyenangkan. Seperti membeli makanan hanya dengan tekan-tekan layar melalui sebuah smartphone sampai mengisi kegabutan dengan bermain game. Namun smartphone juga memiliki dampak negatif dan dampak positif bagi diri kita sendiri. Tapi itu tergantung ke pemakainya sih hehe.

Kamu bisa memesan makanan, mencari informasi, serta mencari film dan musik pun bisa kamu lakukan dengan masuk ke website-website yang menyediakannya. Hanya tinggal search kata kunci di google maka kamu akan mendapatkan informasi yang terkait kata kunci yang kamu masukkan.

Baca juga: Pengertian WWW, Contoh, Fungsi, Dan Manfaatnya

Namun sadarkah kamu bila saat kamu masuk ke website, otomatis akan tampil tulisan www ketika kamu mengcopy url dari website tersebut? Lalu apa sih pengertian dari www itu? Baca pengertian, fungsi, dan contoh www di artikel amtread sebelumnya.

WWW itu memiliki fungsi yang sangat besar bagi website karena www menyimpan banyak data dari dalam website tersebut. Semua punya sejarah tak terkecuali WWW (World Wide Web) ini. Bagaimana sih awal mula terciptanya Www? Siapa sih pencipta WWW? Dan blablabla. Oke langsung saja kita mulai masuk ke sejarahnya.

Baca juga: Profesi Yang Dapat Dipilih Lulusan RPL

Sejarah WWW

– Bermula pada tahun 1989, tim dari Banners Lee yang merupakan anggota CERN (singkatan dari bahasa Prancis : Organisation EuropĂ©ene pour la Recherche NuclĂ©aire) di Jenewa mengusulkan untuk membuat protokol internet yang dapat menyimpan berbagai informasi. Serta diharapkan dapat menyimpan informasi berupa grafik gambar dan video dan dapat dijangkau di seluruh dunia.

– Lalu pada tahun 1990, tim si Banners Lee ini (CERN) mulai membuat komponen dasar dalam merancang sebuah website yaitu http (HyperText Transfer Protocol), HTML (HyperText Markup Language), dan juga URL (Uniform Resource Locator).

– Tahun 1991 merupakan tahun terpenting dalam terciptanya WWW. Saat itu Banners Lee menemukan protokol internet WWW yang awalnya hanya digunakan untuk menyusun arsipnya sendiri yang kemudian dikembangkan oleh Equire. Melalui Equire tim Banners Lee, akhirnya berhasil terbuat jaringan yang terkait antar arsip-arsip miliknya yang dapat mempermudah dalam pencarian informasi yang diinginkan.

– Pada tahun 1993, dibuatlah web browser bernama Mosaic dengan sistem grafik yang dapat dijalankan melalui sistem X-Windows. Web browser ini dibuat oleh Marc Andersen dan seluruh timnya yang berasal dari NSCA. Saat diluncurkan, Mosaic ini langsung populer di kalangan para pengguna internet.

– Tahun 1994, Marc Andersen memilih untuk memisahkan diri dari NSCA kemudian bergabung dengan Jim Clark. Marc dan Jim mereka membuat Netscape yang kemudian menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai web browser. Pada tahun ini juga CERN dan MIT mendirikan konsorsium yang diberi nama W3C atau bisa disebut World Wide Web untuk menjadi pondasi dasar dalam terciptanya sebuah website.

– Pada akhir tahun 1995 terjadi peningkatan drastis, yaitu adanya 300.000 website yang ada di internet dan sangat jauh bila dibanding tahun sebelumnya yang hanya ada 50 website. Pada tahun ini WWW sukses menggantikan FTP dan menjadi jaringan dengan traffic paling tinggi di internet.

– Tahun 2009 CERN membangun organisasi Word Wide Web Fondation, tujuan dari organisasi yang diciptakan oleh CERN adalah untuk membagikan sebuah open web bagi seluruh orang.

Baca juga: Urutan Versi Android Dari Beta Hingga Sekarang

Sekian artikel dari amtread.com mengenai Sejarah WWW dan Perkembangannya, bila ada kesalahan mohon di koreksi dan apabila ada pertanyaan silahkan diajukan melaui kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *