Dampak Positif dan Negatif Dari Internet Terhadap Kehidupan

Diposting pada
Dampak positif dan negatif internet
Dampak positif dan negatif internet


Dampak positif dan dampak negatif internet
– Setiap manusia jaman millenial seperti sekarang pasti tidak akan mampu hidup tanpa internet. Setiap hari orang pasti selalu menggunakan internet untuk segala kebutuhannya. Seperti halnya ketika kita duduk, tiduran (bukan tidur), makan, BAB, joging, main game, dan segala kegiatan lainnya pasti kita pernah menggunakan Internet.

Mungkin ada beberapa dari kita yang tidak mengetahui apa itu Internet dan merasa dirinya tidak selalu menggunakan Internet. Dia hanya tahu apa itu kuota. Nih saya kasih tahu, bahwa kuota itu merupakan paket data yang berguna untuk mengakses Internet.
Misalnya kamu bermain game, menonton video online, chattingan, dan sebagainya itu kamu sedang menggunakan Internet dan kemudian kamu membayar dengan kuota kamu. Simpelnya sih begitu.

Nah yang menjadi permasalahan itu adalah setiap hal pasti mempunyai dampak terhadap diri kita, diri orang lain, maupun lingkungan. Entah itu dampak positif maupun dampak negatif. Dengan adanya internet ini, pastinya juga memiliki dampak positif maupun dampak negatif. Lalu apa saja sih dampak tersebut? Simak di bawah ini.

Dampak Positif Internet

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa sesuatu hal pasti memiliki sisi positif dan juga sisi negatif. Tak terkecuali dari Internet ini, di internet kamu dapat banyak sekali merasakan dampak positif maupun dampak negatifnya. Berikut dampak positif dari adanya internet.

1. Sumber ilmu pengetahuan

Yang pertama adalah ilmu pengetahuan. Terutama untuk para pelajar, pasti sudah tidak asing lagi dari fungsi internet yaitu sebagai sumber jawaban. Apabila kamu dikasih tugas A dan disuruh menjawabnya, bisa jadi kamu langsung membuka google untuk mencari jawabannya dan malah bukan mencarinya di buku.
Kenapa saya bilang internet itu sebagai sumber ilmu pengetahuan? Kenapa bukan buku?
Contohnya kita mencari hasil dari satu ditambah satu itu hasilnya berapa, maka google dengan cepat menampilkan hasilnya yaitu dua. LOH KALAU BEGITU DOANG MAH DI BUKU JUGA ADA! Eissst tenang dulu, kita masih lanjut loh.
Kalau kita mencari tahu lebih mendalam tentang 1 + 1 itu gimana? Misalnya siapa yang menciptakan angka? Nah google dapat memberikan jawabannya dengan cepat. Sedangkan buku? Tidak bisa secepat itu.
Bahkan di Internet pun banyak terdapat ilmu yang tidak ada di bangku sekolah dari SD hingga kuliah. Misalnya cara menciptakan korek api, cara berinteraksi dengan makhluk halus, dan masih banyak lagi ilmu yang ada di internet namun tidak ada di bangku sekolah.
Untuk ebook, seminar, sekolah, quizz, video pembelajaran, dan masih banyak lagi hal yang juga dapat kamu temukan di internet untuk media belajar kamu.

2. Mempermudah komunikasi

Jika jaman dulu kita untuk berkomunikasi sama saudara yang jauh hanya dapat melalui surat surat, sehingga kita bisa berkomunikasi tergantung dari surat yang datang dari pak pos. Bahkan pertama kali handphone pertama kali diciptakan atau handphone jadul jaman dulu itu kita hanya bisa mengirim sms dan telfonan.
Sekarang atau di jaman modern ini kita dapat mengirim pesan ke banyak orang dengan sosial media, telfonan, video call, mengirim file, dll bisa dapat kamu lakukan dengan bantuan internet.
Contoh sosial media yang paling sering kalian gunakan adalah whatsapp, line, facebook, twitter, youtube, dan masih banyak lagi sosmed yang tersebar luas di internet.

3. Mencari Pekerjaan

Hebatnya lagi nih ya, di internet kamu juga dapat mencari pekerjaan. Sehingga kamu tidak perlu berkeliling ke perusahaan untuk menanyai lowongan pekerjaan. Jadi internet cocok banget nih buat kamu yang sedang mencari pekerjaan tapi malas untuk keluar rumah hanya untuk sekedar mencari.
Karena ini bersifat dunia maya, maka usahakan ketika kamu menggunakan internet jangan lah kamu membuat citra kamu menjadi buruk. Terutama saat kamu menggunakan sosial media. Gunakan lah internet untuk membuat citra kamu baik supaya saat perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan mencari tahu tentang kamu, maka data kamu di internet dapat menolong kamu (apabila citra kamu baik).

4. Untuk kerja juga bisa

Nah kalau kamu benar-benar malas keluar rumah, ada baiknya kamu bekerja saja di dalam rumah. Emang bisa? Bisa dong, kan sekarang jaman udah canggih. Dengan bantuan internet, kamu bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan berada di depan layar baik itu ponsel, laptop, ataupun komputer.
Gimana caranya?
Ada banyak sekali bisnis online yang terbukti menghasilkan hanya perlu sedikit modal. Yah pake modal, yang gak pake modal ada gak? Tidak ada, karena usaha dan kuota itu juga termasuk dari modal ya. Gimana mau menghasilkan kalau tidak berusaha? Hehe.
Pada artikel sebelumnya, amtread telah membahas tentang cara menghasilkan uang dari internet. Terutama tentang blogger (karena saya juga seorang blogger).

5. Memudahkan belanja

Waduh internet semakin memanjakan kaum rebahan aja nih. Bahkan apabila kamu ingin beli sesuatu maka kamu hanya perlu usap usap layar smartphone, maka barang kamu akan sampai di rumah kamu. Seperti belanja barang, hingga beli makanan pun dapat kamu lakukan di internet.

6. Transportasi lebih mudah

Apabila biasanya kita untuk ngojek, kita perlu berjalan ke pangkalan ojek.  Maka sekarang kamu tinggal usap usap manja layar hp kamu maka abang ojol (Ojek Online) langsung menjemput kamu dengan segera. Selain ojek motor, ada juga ojek mobil seperti grab car, go car, dan lainnya.
Sebenarnya masih banyak lagi dampak positif yang ada di internet seperti layanan kebersihan, jasa pasang lampu, dan masih banyak lagi deh yang tidak dapat saya sebutkan semuanya. Silahkan kamu cari tahu saja sendiri ya. Hehe.

Dampak Negatif Internet

Internet merupakan media bebas yang dimana para penggunanya dapat memberikan sesuatu atau mendapatkan sesuatu dengan bebas di internet tanpa ada satupun orang yang dapat memantau segala aktifitas di internet. Akibat dari kurangnya aturan serta pengawasan di internet, maka banyak pula hal negatif yang tersebar di internet dengan bebas. Tentunya dibalik positif akan terdapat negatif, berikut ini beberapa contoh dampak negatif di internet.

1. Konten dewasa

Yap sebetulnya di beberapa negara ada aturan tentang konten dewasa baik itu berupa gambar, video, maupun hanya sekedar text. Aturan tersebut bisa berupa batas umur, hingga semua website ataupun aplikasi yang mengandung unsur dewasa itu di blokir, sehingga IP dari negara tersebut tidak dapat mengakses website yang telah diblokir pemerintah.
Seperti kata pepatah “nutup satu lubang, akan muncul lubang lainnya”. Yap masih banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk mengakses situs dewasa dan itu sudah di luar jangkauan pemerintah.

2. Berita HOAX

Dampak negatif dari internet adalah mudahnya tersebar berita palsu atau biasa kita sebut hoax, sehingga kita perlu menyaring terlebih dahulu sebelum kita menyebarkannya lagi ke orang lain.
Kenapa mudah sekali berita hoax bertebaran di Internet?
Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa tidak ada satupun orang yang bisa memantau semua aktifitas yang terjadi di internet, sehingga hukum tidak terlalu ketat di internet. Salah satu cara berita hoax menyebar dengan cepat adalah dengan melalui sosial media (sosmed). Saya pernah melihat ada salah satu anggota dari grup keluarga yang share berita, dan telah saya cari tahu bahwa berita itu hoax.
Jadi kamu jangan mudah ya termakan berita mentah-mentah. Agar tidak menimpulkan kebencian, keributan, kerusuhan, dan masalah lainnya.

3. Banyaknya penipuan

Memanfaatkan dampak positif dari internet yaitu memudahkan belanja (pada poin nomor 5), maka ada beberapa pihak yang memanfaatkan hal tersebut untuk keburukan. Proses transaksi yang terjadi secara online (digital) sehingga tidak perlu bertatap muka, sehingga orang dapat mudah mengakali proses transaksi tersebut supaya menguntungkan dirinya (penipu) dan merugikan penjual maupun pembelinya (korban). Pada artikel sebelumnya, amtread telah membahas ciri-ciri penipu online dan bagaimana cara mengatasinya. Jadi silahkan saja cek langsung di amtread.

4. Menimbulkan kemalasan

Nah ini merupakan dampak negatif dari internet yang langsung berdampak terhadap prilaku seseorang. Seseorang yang sudah terlalu sering menggunakan internet, rata-rata akan mengalami kemalasan karena segala sesuatu sudah tersedia di internet. Akibatnya mereka lebih ketergantungan dengan internet.

5. Kecanduan

Berbeda dengan kemalasan, kemalasan lebih identik dengan malas gerak. Berbeda dengan kecanduan. Kecanduan itu identik dengan tidak bisa atau sulit lepas dari sesuatu. Contohnya saat kita sedang ngumpul, maka ada saja orang yang selalu memandangi layar hpnya untuk internetan. Di dapur, di kamar mandi, hingga baru bangun tidur pasti selalu memegang hp yang dimana tujuannya untuk internetan. Entah itu untuk belajar, ngegame, ataupun sekedar menonton film.
Sekian artikel dari amtread.com mengenai dampak positif dan dampak negatif dari internet yang dapat kita temukan di kehidupan kita sehari-hari. Semoga kamu bisa mengambil dampak positif dan semoga bisa menghindari dampak negatifnya. Share apabila bermanfaat, dan komen bila ingin menambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *