7 Cara Mencegah Penyebaran Berita Hoax di Internet

Diposting pada
Cara Mencegah atau mencegah penyebaran Berita Hoax di Internet
Cara Mencegah Berita Hoax di Dunia Maya (Internet)

Menyikapi untuk mengatasi berita hoax – Berita hoax adalah suatu berita yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya atau bisa dibilang sebagai berita palsu yang hanya dibuat oleh seseorang tidak bertanggung jawab. Pastinya kamu sudah tidak asing lagi nih dengan yang namanya berita hoax, karena setiap kegiatan kita di internet pasti ada sangkut pautnya dengan berita.

Salah satu cara berita hoax menyebar dengan cepat adalah dengan melalui sosial media, terutama melalui grup-grup. Entah kenapa kata orang kalau ibu dan bapak itu merupakan orang yang mudah termakan berita hoax, sehingga saat menerima pesan berupa berita maka langsung dishare kembali.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif dari Internet

Cara Penyebaran Berita Hoax Melalui Sosial Media

Ibarat saya membuat berita palsu tentang Indonesia akan bubar pada tahun 2050 karena krisis ekonomi di setiap wilayah. Kemudian saya share ke grup keluarga, nah apabila ada di antara keluarga saya yang percaya maka berita tersebut langsung dishare lagi ke grup kantornya, grup keluarga yang satunya, ke grup-grup lainnya.

Nah ketika salah satu keluarga saya share kemudian temannya ada yang percaya, maka temannya akan share lagi. Begitu pun seterusnya hingga satu Indonesia tahu tentang berita tersebut. Maka dari itu kita sebagai generasi millenial yang cerdas, kita harus menghentikan penyebaran berita tersebut. Intinya kamu ataupun orang lain wajib sadar betul akan hal ini supaya berita hoax tidak menyebar luas.

Baca juga: Sulit dapat pekerjaan ? Berikut 5 Daftar Pekerjaan di Internet

Sebenarnya banyak sekali cara berita hoax menyebar, namun kamu tidak perlu tahu semua cara penyebarannya. Intinya kamu hanya harus tahu cara pencegahan atau cara menghentikan penyebaran berita hoax di internet.

Cara Menghentikan Berita Hoax di Internet

Cara ini sebenarnya merupakan wujud penting untuk menyikapi berita hoax ketika berita tersebut sampai di kamu, sehingga kamu tidak membagikan berita tersebut guna untuk menghentikan berita hoax supaya tidak menyebar terlalu cepat.

Seperti kata orang bijak “apabila mendapatkan informasi, ada baiknya kamu menyaring atau mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dari informasi tersebut”. Lalu bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

1. Timbulkan rasa kepo kamu ketika menerima berita atau informasi

Kepo merupakan rasa keingin tahuan akan suatu hal sehingga orang yang mengalami kepo akan terus merasa penasaran tentang hal yang baru saja ia tahu. Menurut Tom Stafford yang seorang psikolog di The Universitas Of Sheffield bahwa apabila kita penasaran, maka rasa penasaran tersebut akan mendatangkan banyak manfaat bagi kita.

Rasa penasaran dapat membuat kita lebih terbuka untuk melihat atau menilai suatu masalah. Sehingga apabila ada suatu berita yang kita terima, maka kita harus mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya. Sehingga kamu tidak langsung percaya dengan kata-kata dari berita tersebut.

2. Hati-hati dengan judul yang dapat memprovikasi

Sering kali ada berita yang judulnya melebih-lebihkan guna untuk memancing emosi pembacanya. Bahkan ada beberapa kasus yang dimana beritanya mengutip kata-kata dari sumber terpercaya namun kata-kata tersebut diubah, ditambah, ataupun dikurangi guna reaksi pembacanya sesuai keinginan si pembuat berita hoax tersebut.

Untuk menyikapinya, ada baiknya kamu cari tahu kebenaran tentang berita yang kamu terima di internet, kemudian kamu bandingkan dengan cermat.

3. Cek dulu keaslian situs tempat kamu menemukan berita

Banyak sekali situs-situs tidak bertanggung jawab ketika membuat berita. Apabila kamu membaca berita dari suatu situs, maka kamu cari tahu juga apakah situs tersebut merupakan situs berita terpercaya atau tidak.

Seperti yang telah dilansir dari dewan PERS, bahwa di Indonesia terdapat 43.000 situs yang mengklaim bahwa situs miliknya merupakan media berita, namun yang telah terverifikasi hanya sekitar 300 situs saja. Artinya perbandingan antara situs berita yang resmi dengan yang tidak resmi begitu jauh. Sehingga banyak sekali berita hoax bertebaran melalui situs berita abal-abal.

4. Cek keaslian foto

Jaman sekarang untuk mengedit foto seperti asli bukanlah suatu hal yang sulit. Hanya dengan bermodalkan skill photoshop maka kamu bisa membuat foto yang seharusnya tidak terjadi menjadi terjadi. Oleh karena itu cek kembali ke aslian foto dari berita tersebut asli ataupun tidak. Caranya gimana? Kamu bisa mengecek foto tersebut melalui google foto yaitu linknya adalah images.google.com.

Kamu bisa membandingkan foto tersebut dengan beberapa foto di google foto, apakah foto yang kamu terima asli atau hanya rekayasa.

5. Mencari tahu sumbernya

Ketika kamu menerima berita, ada baiknya kamu mencari tahu sumbernya terlebih dahulu. Biasanya ketika orang share berita di situs miliknya akan dimasukkan link sumbernya. Sehingga kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu keasliannya.

Untuk mengatasi pesan berantai dari sosmed, maka kamu harus benar-benar cermat untuk menentukan bahwa berita tersebut benar atau tidak. Kalau saya sarankan lebih baik mencari berita tersebut di google. Misal ada pesan di whatsapp tentang paypal sedang membagikan dolar gratis dengan cara begini dan begitu, maka kamu cari tahu di google apakah benar paypal sedang membagikan dolar gratis dengan cara begini dan begitu atau tidak.

6. Masuk grup diskusi atau komunitas anti hoax

Banyak sekali grup ataupun komunitas untuk mendiskusikan suatu berita untuk mencari tahu kebenaran apakah berita tersebut benar atau palsu. Biasanya apabila ada suatu berita yang sedang hangat, maka grup tersebut langsung pada mendiskusikannya.

7. Laporkan berita palsu ke Kemkominfo

Setelah kamu menyelidiki suatu berita yang kamu terima, kemudian ditemukan fakta bahwa berita tersebut palsu atau hoax. Maka untuk menghentikan penyebaran berita hoax di internet serta membuat jera para pelaku ada baiknya kamu melaporkannya kemkominfo untuk ditindak lanjuti oleh pihak berwajib.

Baca juga: Ide Bisnis di Bulan Puasa Insyaallah Laku

Sekian artikel dari amtread.com mengenai 7 cara mencegah penyebaran berita hoax di internet. Semoga kamu bisa lebih cerdas serta teliti untuk menyaring terlebih dahulu berita yang kamu dapat, kemudian barulah kamu bisa share apabila berita tersebut asli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *