Skip to main content

7 Tips/Cara Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online di Sosial Media

Cara Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online Di Sosmed
Cara Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online Di Sosmed

Cara Agar Tidak Tertipu Belanja Online - Zaman semakin maju, apapun bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan mengandalkan teknologi. Salah satunya adalah adanya sosial media, dengan adanya sosial media (sosmed) maka bisa membuat orang yang jauh menjadi dekat. Dalam artian ngobrol melalui chatting.

Sosial media awalnya digunakan hanya untuk sebatas mengirim pesan singkat kemudian terus menerus dikembangkan hinggal bisa membuat atau bergabung dengan komunitas orang lain. Kita ambil contoh yaitu komunitas vespa. Komunitas ini sangat membantu dalam hal menguru vespa baik itu dalam hal service, hingga mencari bahan-bahan untuk vespanya.

Baca juga: Online Shop Internasional Terpercaya

Tidak seperti online shop seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, dan kawannya. Di sosial media tidak memiliki sistem rekber (perantara) yang sudah disediakan oleh CEOnya. Maka dari itu untuk melakukan transaksi jual beli di social media kamu (sebagai pembeli) akan berhadapan langsung dengan si penjual.

Karena di sosial media kamu akan berinteraksi langsung dengan penjualnya tanpa perantara sama sekali, dengan begini maka akan ada banyak kemungkinan kalau kamu akan tertipu. Biasanya kamu akan berasa ditipu setelah kamu kirim uang kemudian diblokir akun sosmed kamu terutama penipu facebook pasti menggunakan cara ini (uang masuk lalu blokir).

Lalu kalau begitu gimana sih tips, trik, atau metode supaya kita bisa terhindar dari berbagai macam penipuan online terutama di sosial media? Berikut tips-tipsnya.

Tips Berbelanja Online di Sosmed Agar Tidak Tertipu


1. Ajaklah Rekber

Rekber merupakan singkatan dari Rekening Bersama atau bisa disebut dengan perantara atau orang ketiga dalam sebuah transaksi. Bila kamu belanja online memalui online shop terkenal seperti shopee, buka lapak, tokopedia, lazada, dll maka di website tersebut sudah ada sistem perantaranya sendiri. Tetapi bila kamu belanja online lewat facebook dan sosmed lainnya tidak akan ada perantara sama sekali kecuali kamu meminjam jasa seorang Rekber.

Lalu bagaimana sih sistem rekber atau perantara ini? pertama si pembeli mengirim uang ke orang ketiga (perantara/rekber), lalu si orang ketiga konfirmasi ke penjual bahwa uang pembeli sudah masuk ke rekber, lalu si penjual mengirim barang ke si pembeli, bila barang sudah sampai ke pembeli maka pembeli harus memberitahu si orang ketiga bahwa barang yang dia beli sudah diterima, maka uang pembeli yang ada di rekber akan langsung dikirim ke penjual.

Nah jadi sistem rekber ini aman untuk kamu gunakan bila ingin belanja online terutama melalui facebook yang terkenal dengan banyaknya penipuan. Bila penjual yang mau kamu beli barang atau jasanya tidak mau diajak rekber dan memberikan berbagai macam alasan, kemungkinan besar dia itu seorang penipu.

Baca juga: Ciri-Ciri Penipu Online Jaman Sekarang

2. Cek Profil Akun Penjual

Ada beberapa kasus penjual jujur tapi tidak mau diajak rekber. Kok begitu? ya ada beberapa yang beranggapan bahwa rekber ini lama dan ribet. Maka bila kamu menemui penjual yang tidak mau diajak rekber, coba perhatikan akunnya apakah banyak orang yang kenal dia atau tidak dan sudah banyak kah yang membeli barang atau jasa dari dia. Bila banyak dan banyak yang berkomentar baik di profil dia, maka kamu bisa deh mulai percaya bahwa dia jujur. Misal dia menjual sepatu, maka dia akan sering posting tentang sepatu yang dia jual dan banyak juga yang komentar baik di postingan dia.

3. Cek testimoni penjual (bila dia punya)

Biasanya seorang penjual di sosial media pasti punya halaman testimoni di akun mereka masing-masing. Semakin banyak testimonial mereka maka semakin baik juga citra mereka. Tapi hanya dengan melihat testimoni tidak bisa menjadi 100% bila dia itu tidak akan menipu karena ada beberapa cara curang supaya dia memiliki testimoni yang baik padahal dia seorang penipu. Oleh karena itu tips ketiga ini harus dibarengin dengan tips yang lainnya.

4. Kalau bisa ajak Cash On Delivery (COD)

Tips atau cara yang sering saya lakukan adalah dengan mengajak penjual maupun pembeli untuk ketemuan untuk melakukan transaksaksi. Tujuannya apa? biar tidak ada kata tipu menipu, bisa cek kondisi barang secara langsung, serta bisa negosiasi dengan tatap muka langsung. Oh ya usahakan kalau mau COD harus didampingi oleh orang lain ya, kita kan harus tetap safety setiap saat (takutnya begal atau apa kan hehe).

5. Jangan mau kirim uang duluan

Jangan pernah mau disuruh kirim uang duluan. Biasanya penipu online banyak melakukan alibi dengan menggunakan kata "ada uang ada barang". Heleh sudah saya buktikan sendiri kalau kata-kata ini sering kali menipu banyak orang. Termasuk saya hehe. Jadi lebih baik ajak rekber aja deh kalau mau aman daripada ketipu sia-sia.

6. Jangan mudah dirayu dengan harga murah

Nah yang terpenting adalah jangan mudah terhasut dengan harga murah. Sebutuh-butuhnya orang menjual pasti tidak bakal menjual barang dengan harga super duper murah dibanding harga pasarannya. Misal kamu mau beli laptop ROG yang dimana harga normalnya puluhan juta, nah cuma dia yang jual harganya 3 jutaan. Waduh kacau itu sudah fix penipuan. Jadi jangan langsung percaya saja dengan harga murah. Semua harus masuk ke logika dan kalau tidak masuk ke logika maka kamu wajib curiga.

7. Jangan sungkan untuk menolak bila kamu mencurigai akan ada penipuan

Bila tips ke satu sampai ke enam sudah mengindikasikan bahwa dia penipu, maka jangan ragu untuk membatalkan pembelian. Karena jika kamu sekali saja terhasut dan tetap ingin membeli barang atau jasa tersebut, maka siap-siap saja uang kamu hilang sia-sia.

Baca juga: Jenis Modus Penipuan Online Yang Sudah Banyak Memakan Korban

Dengan adanya artikel ini, semoga tidak ada lagi yang dengan mudahnya tertipu saat melalukan transaksi di sosial media. Apabila ada tips lagi dari kalian yang belum saya tulis, silahkan kirim apa sih tips tersebut di kolom komentar atau bisa dengan chat saya melalui halaman kontak. Sekian artikel dari amtread.com tentang Tips Supaya Tidak Kena Tipu Saat Belanja Online Di Sosial Media. Mohon maaf bila ada kesalahan kata.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar