Skip to main content

Begini Urutan Versi OS Android Dari BETA Hingga Sekarang Ini

Urutan Versi Android Dari Awal Hingga Saat Ini
Urutan Versi Android Dari Awal Hingga Saat Ini


Perkembangan atau urutan versi os android dari awal sampai sekarang - Halo guys, pasti kamu pernah dong menggunakan smartphone atau tablet dengan operasi sistemnya berbasis android? Yap android merupakan OS (Operating System) yang paling banyak digunakan oleh pengguna gadget baik smartphone maupun tablet setelah iOS.

Walaupun android sudah terbilang sangat terkenal dan banyak penggunanya, namun sistem operasi (OS) android tidak langsung secanggih dan tidak langsung seterkenal sekarang ini. Perlu waktu yang sangat panjang untuk mengubah android hingga sekarang ini.

Baca juga: Tips Merawat Baterai Tanam Smartphone

Mulai dari pengetesan pertama OS android yaitu versi BETA yang pada saat ini yang bisa menggunakan OS android hanya segelintir orang berkepentingan saja dan tentunya belum bisa dijadikan layak pasar. Namun seiring berjalannya waktu, android terus menutup bug atau kekurangan serta menambah berbagai fitur yang sangat berguna bagi penggunanya.

Nah dari BETA tidak semata-mata bisa langsung versi Pie sekarang dan tentunya perlu beberapa versi secara berurutan. Lalu apa saja versi android dari awal hingga sekarang ini? Simak baik-baik daftar dan penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Gaming Murah Cocok Main PUBG Mobile

Urutan Versi Operating System Dari Awal Hingga Sekarang

1. Android 1.0 Astro (Alpha) Dan 1.1 Bender (Beta)

Versi 1.0 yaitu Astro dan versi 1.1 yaitu Bender merupakan versi BETA dari android sehingga jarang sekali orang-orang yang mengetahui kalau ada versi ini. Pasalnya android baru diluncurkan ke publik pada September 2018 oleh Andy Rubin yang dikenal sebagai bapaknya android hehe.

Saat versi Astro dan Bender, android masih belum menggunakan nama-nama makanan manis pada OSnya namun kedua versi ini merupakan titik penting bermulanya perjalanan android yang pertama kali digunakan oleh smartphone HTC Dream.

2. Android 1.5 Cupcake

Nah baru pada saat versi 1.5 android baru menggunakan nama-nama makanan manis pada setiap versinya yang dimana versi 1.5 ini dinamai dengan nama cupcake. Serta versi ini dirilis oleh Android pada tanggal 30 april 2009 berselang 1 tahun setelah peluncuran android pertama kali ke publik.

Baca juga: Sejarah Ditemukannya WWW

3. Android 1.6 Donut

Pada saat pertama kali peluncuran android ke publik hingga versi cupcake, OS android masih banyak memiki bug pada operasi sistemnya sehingga pihak pengembang android segera memperbaiki bug tersebut dan hingga akhirnya rilislah versi terbaru yaitu 1.6 Donut pada tanggal 15 September 2009 yang artinya bug pada versi Cupcake dapat teratasi hanya dalam 5 bulan saja loh. Selain penutupan bug, pada versi Donut android menambahkan beberapa pembaruan, salah satu fitur unggulan versi Donut adalah adanya dukungan terhadap layar smartphone atau tablet yang lebih besar.

4. Android 2.0 & 2.1 Eclair

Yap pada dasarnya pada saat update versi, maka saat itulah telah adanya penutupan bug. Jadi versi 2.0 dan 2.1 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya serta penambahan beberapa fitur seperti bluetooth dan juga kamera yang menjadi poin lebih dalam penjualan pada kala itu. Kamera smartphone android pertama kali pada kala itu terpasang pada smartphone HTC Nexus One.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

5. Android 2.2 Frozen Yoghurt (Froyo)

Versi android 2.2 Froyo pertama kali dirilis pada tanggal 20 Mei 2010 yang dimana pada saat versi ini android mulai dikenal oleh kalangan pengguna smartphone pada kala itu.

Walaupun sudah banyak dikenal oleh pengguna smartphone, namun nyatanya pada versi ini masih kalah bersaing dengan OS Symbian yang mendominasi pasar Featured Phone.

Fitur yang ditambahkan di versi 2.2 Froyo antara lain peningkatan kecepatan smartphone, fitur USB Tethering, WIFI Hotspot, dan juga penambahan fitur keamanan pada Android.

6. Android 2.3 Gingerbread

Kurang dari berselang 1 tahun, android meluncurkan kembali versi 2.3 Gingerbread pada Desember 2010. Pada saat peluncuran versi 2.3 android memperbaiki tampilan tatap muka (User Interface) sehingga android mulai diminati oleh beberapa brand pembuat smartphone salah satunya Samsung Galaxy Series yang masih laris hingga sekarang ini.

7. Android 3.0 & 3.2 Honeycomb

Uniknya pada versi android yang kali ini ternyata hanya diperuntukkan untuk pengguna tablet saja loh, yang artinya bila kamu pengguna smartphone maka kamu tidak akan bisa menggunakan android versi Honeycomb ini. Tujuan dibuatnya versi ini adalah untuk membantu Samsung yang sudah merilis tablet untuk menyaingi Apple iPad.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android merilis versi 4.0 Ice Cream Sandwich kembali diperuntukkan untuk smartphone yang dirilis pada 19 Oktober 2011. Yap Ice Cream Sandwich merupakan versi android dengan nama terpanjang saat ini dan pada versi ini android memberikan banyak pembaruan seperti memperhalus animasi, memperbaiki User Interface sehingga sederhana dan mudah digunakan.

9. Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean

Versi ini dirilis pada bulan Juni 2012 yang merupakan merombakan besar-besaran android terutama pada sektor pengolahan grafis. Dengan adanya perombakan ini diharapkan dapat mempermudah tampilan user interface dan memperbaiki teknologi Vsync yang digunakannya.

10. Android 4.4 KitKat

Nama Kitkat diambil dari nama brand coklat terkenal pada saat itu. Versi android 4.4 dirilis pada bulan Oktober 2013. Pada saat saya pertama kali mempunyai smartphone berbasis android, OS android saya ada kitkat hehe. Beruntungnya saya pada saat versi ini android memberikan optimalisasi yang cukup baik kepada penggunanya terutama kepada smartphone dengan spesifikasi yang terbilang rendah seperti hp saya.

Baca juga: Daftar Smartphone Yang Memancarkan Radiasi Dari Tertinggi Ke Terendah

11. Android 5.0 & 5.1 Lollipop

Pada saat ini pihak pengembang android dengan google mulai rutin mengadakan update versi tahunan yang dimana setahun setelah dirilisnya kitkat kembali rilis versi 5.0 Lollipop dan bisa dibilang untuk versi Lollipop ini menjadi pelopor dikembangkannya smartphone dengan spesifikasi yang memadai. Versi Lollipop sudah mulai bisa digunakan oleh RAM 3GB hingga ke atasnya seperti Asus Zenfone 2 yang sudah menggunakan RAM 4GB pada masa itu.

12. Android 6.0 Marshmallow

Android versi marsmellow pertama kali diperkenalkan ke publik pada Mei 2015 dan kemudian dirilis ke publik pada Oktober 2015 hanya berselang 5 bulan setelah di perkenalkan. Pada versi android 6.0 marsmellow, android memberikan sebuah fitur yaitu fingerprint sebagai kemanan smartphone. Oh ya sebenarnya fitur fingerprint ini juga bisa digunakan untuk membayar menggunakan android pay.

13. Android 7.0 & 7.1 Nougat

Hingga saat ini versi nougat masih sering digunakan oleh smartphone-smartphone yang baru rilis, sehingga versi ini tidak terbilang ketinggalan zaman ya.

Versi android nougat pertama kali di perkenalkan pada Juni 2016 dengan menampilkan icon ciri khas berupa logo android lengkap dengan nougatnya. Pada versi ini, android memperbaiki tampilan antar muka serta menambahkan fitur split screen yaitu untuk membuka 2 aplikasi sekaligus (misal nonton youtube sambil chattingan whatsapp).

Baca juga: 5 Penyebab Smartphone Menjadi Lemot

14. Android 8.0 & 8.1 Oreo

Sebelum versi pie, dulunya android mempunyai versi yaitu Oreo 8.0 dan 8.1 yang dimana sampai sekarang ini masih banyak smartphone yang masih menggunakan versi Oreo dengan beberapa alasan tertentu. Versi Oreo ini dirilis pada Agustus 2017.

Pada versi Oreo ini ada yang namanya Project Treble yang membuat penggunanya dapat mengakses pembaruan yang diberikan android dengan mudah dan cepat.

15. Android 9.0 Pie

Android 9.0 Pie diperkenalkan pada publik pada Agustus 2018. Versi ini sudah mendukung model hp versi terbaru seperti smartphone dengan layar poni. Contohnya seperti membertikan navigasi berupa visual di layar menggantikan tombol fisik home, back, dan recent apps.

Fitur lain yang dapat kamu temukan di versi 9.0 Pie ini antara lain adalah sistem notifikasi, pengatur kecerahan otomatis, hingga sistem screenshoot yang lebih mudah untuk kamu gunakan.

Baca juga: Cara Mematikan Kecerahan Otomatis Android Pie

Nah itu tadi adalah artikel tentang urutan versi android dari awal hingga saat ini dari amtread.com. Kamu menggunakan versi yang mana nih? Coba komentar di bawah ya. Sekarang kamu sudah tahu urutan versi android dan bila menurut kamu berguna, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar