Skip to main content

7 Penyebab Artikel Blog Terkena Deindex Oleh Google

Penyebab Artikel Terkena Deindex Google
Penyebab Artikel Terkena Deindex Google


Penyebab Artikel Blog Terkena Deindex Oleh Google - Bila sehabis menulis artikel dan artikelnya langsung terindex google pasti sangat menyenangkan bagi kalangan blogger, apalagi sampai masuk page one. Artikel yang baru dipublikasikan bisa langsung terindex google bila sudah memenuhi beberapa syarat, salah satu faktor yang paling menonjol yaitu SEO.

Mempelajari ilmu SEO bukan perkara mudah dan juga tidak terbilang susah. Belajar SEO itu cuma 2 teknik, yaitu off page dan juga on page yang dimana off page seperti backlink dan on page itu optimasi SEO di dalam blog. Sebenarnya teknik SEO yang berlebihan dapat menyebabkan deindex artikel baik itu disengaja ataupun tidak sengaja.

Lalu apa sih deindex itu?

Deindex yaitu artikel yang awal mulanya sudah bisa muncul di google bila dicari dengan keyword tertentu lalu tiba-tiba dicari dengan keyword yang sama artikel yang awalnya ada menjadi tidak ada.
Ibarat kamu (artikel) punya pasangan (google), kemudian kamu melakukan kesalahan fatal. Kemudian kamu diputuskan dan dilupakan oleh pasangan kamu. Nah itu sama seperti deindex, yang dimana kamu berperang sebagai artikel, pasangan kamu sebagai search engine google, dan kesalahan kamu itu seperti SEO yang berlebihan.

Artikel dari blog amtread juga tidak selamanya bisa terindex google terus, sadar tidak sadar ada beberapa artikel blog amtread yang terkena deindex google yang kemudian terindex lagi. Hal tersebut saya tidak tahu sama sekali kejadiannya kapan dan di artikel yang mana dikarenakan artikel amtread sudah banyak sekali.

Kamu perlu menghindari beberapa kesalahan yang bisa membuat artikel kamu terkena deindex oleh google dengan melihat beberapa point di bawah ini.

Penyebab Artikel Yang Sudah Terindex Bisa Terkena Deindex


1. Kesalahan Robot.txt

Bila kamu menggunakan platform blogger, ada baiknya bila kamu menonaktifkan fitur robot.txt. Pasalnya robot.txt ini bisa menyebabkan banyak masalah hanya untuk memperbaiki satu masalah.

Misal: kamu ingin supaya artikel mobile tidak terindex google lalu kamu gunakan robot.txt. Memang benar artikel kamu bisa tidak terindex google, namun kedepannya akan muncul masalah baru yang disebabkan oleh robot.txt entah itu 1 ataupun lebih. Mungkin saja artikel kamu jadi dicegah oleh robot.txt sehingga artikel yang sudah terindex jadi terkena deindex.

2. Situs Down Atau Not Found

Blog kamu dipantau oleh google webmaster tool setiap saat atau istilahnya real time. Saat artikel yang sedang dipantau tiba-tiba lemot ataupun tidak bisa dibuka saat di rayapi google webmaster tool, maka itu akan menghambat proses perayapan sehingga google menyatakan artikel kamu tidak berguna bila ada di google sekalipun, yang pada akhirnya artikel kamu dideindex oleh google.

3. Terlalu Banyak Spam Link

Bila kamu ingin mencari backlink di google, ada baiknya kamu tidak melakukan spam link di kolom komentar blog-blog dengan kualitas rendah. Melakukan hal itu sama saja kamu seperti memberi asupan backlink buruk ke dalam blog kamu, yang apa bila google mendeteksinya maka blog kamu akan diberikan sanksi berupa deindex di beberapa artikel.

4. Kurangnya Tautan

Artikel blog selalu dirayapi oleh google spider yang dimana google spider memperioritaskan tautan yang direkomendasikan baik internal link ataupun eksternal link yang tertuju kepada suatu artikel. Bila artikel kamu tidak mempunyai tautan internal link ataupun eksternal link, maka google mengangkap artikel itu tidak berkualitas.

Maksudnya gimana mas?

Misalnya gini, kamu membuat artikel A dan di artikel A kamu itu tidak ada tautan yang mengarah ke dalam artikel A. Jadi sebaiknnya kamu membuat artikel A kemudian di artikel B memasang link tautan menuju ke artikel A. Bisa antar artikel di dalam blog (internal link) ataupun dari blog orang lain (eksternal link).

Tautan itu ibarat rekomendasi, bila artikel kamu tidak ada yang merekomendasikan ya otomatis google juga tidak akan melirik ke artikel kamu.

5. Melakukan PING Yang Berlebihan

Melakukan ping artikel memang baik untuk SEO artikel supaya artikel cepat terindex oleh google. Namun bila melakukannya secara berlebihan itu malah bisa menjadi boomerang bagi blog kamu. Cukup melakukan ping artikel sehari sekali supaya tidak dianggap spam oleh search engine. Kamu tidak tahu apa itu ping artikel? Baca deh disini supaya kamu lebih paham dan tahu bagaimana menggunakan teknik ping artikel yang baik dan benar.

6. Artikel Dianggap COPAS

Artikel COPAS sering kali diabaikan oleh google, bahkan bila artikel COPAS di index oleh google maka si pemilik artikel originalnya melaporkan artikel COPAS kamu ke google DMCA. Hasilnya artikel kamu terkena deindex google. Jadi saya sarankan kamu jangan pernah coba-coba copy paste artikel orang lain tanpa seizinnya, dan kalau bisa kamu rewrite artikel saja artikel orang lain serta kamu tambahkan beberapa poin supaya tidak terlalu terlihat mirip.

7. Duplicate Artikel

Sama seperti COPAS, bila kamu mengganti domain tanpa menggunakan redirect link maka domain baru dan domain lama dinggap berbeda blog oleh google. Sehingga domain baru dianggap copas dari domain lama, ya walaupun pemiliknya masih sama hehe. Amtread juga begitu, pada awal mengganti domain menjadi com, namun di google domain tech yang lama masih terindex sehingga artikel di amtread.com dianggap COPAS dari domain yang lama yaitu amtread.tech. Saran saya sebaiknya kamu jangan terlalu sering gonta-ganti domain, jangan tergiur harga promo domain yang murah banget di awal dan mahal banget di akhir.

Oh ya artikel copas ataupun duplicate artikel bisa juga menyebabkan blog kamu terkena sandbox yang berarti bisa memungkinkan semua artikel di blog kamu bisa terkena deindex walaupun yang copas 1 artikel saja. Jadi hati-hati ya terhadap google sandbox ini.

Sekian artikel dari amtread.com mengenai Penyebab Artikel Blog Terkena Deindex Oleh Google. Semoga artikel kamu bisa terhindari dari deindex setelah membaca artikel ini. Bila menurut kamu artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman, grup, pacar, bapak, ibu, gebetan, ataupun mantan kamu supaya mereka terhindar dari deindex google hehe.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar