Skip to main content

Cara Mengunci File Zip Atau Rar Dengan Password Supaya Lebih Aman

Membuat File RAR Lengkap Dengan Password
Membuat File RAR Lengkap Dengan Password

Cara Memberi Password File Zip Atau Rar - Era teknologi semakin berkembang pesat nih guys, kamu bisa melihat dari yang dulunya kita harus bertemu orang lain ketika ingin berbicara hingga sekarang cuma perlu memegang telepon untuk berbicara secara langsung tanpa tatap muka sekalipun.

Contoh kemajuan teknologi jaman sekarang adalah adanya laptop, komputer, smartphone, tablet, dan masih banyak lagi gadget yang mungkin belum saya ketahui. Dari beberapa perangkat teknologi tersebut pastinya semakin maju teknologinya fungsinya pun semakin beragam tergantung dari orang yang memakainya. Ketika kamu menggunakan perangkat elektronik seperti laptop ataupun komputer pasti tidak akan terlepas dari yang namanya menyimpan data. Supaya ukuran file datanya lebih kecil, kamu bisa menggunakan teknik kompres file yang dimana filenya dibuat kedalam bentuk zip ataupun rar. Di tutorial amtread sebelumnya telah membahas cara membuat file zip atau rar tanpa menggunakan password.

Baca juga: Cara Mengubah Tema Gmail Di PC Menjadi Lebih Keren

Namun bila kamu memang benar-benar ingin merahasiakan file tersebut supaya tidak dapat dibuka oleh orang lain, maka kamu bisa mengunci file zip atau rar tersebut menggunakan password. Tujuan dibuatnya password adalah supaya orang lain ketika membuka file zip atau rar yang kamu buat maka akan disuguhkan input password terlebih dahulu sebelum orang itu bisa melihat isi dari file kamu. Dengan mengunci file winrar (zip atau rar) kamu, maka kerahasiaan file kamu lebih terjamin dibandingkan tidak menggunakan password sama sekali. Oke kita langsung saja masuk ke tutorial pemberian password file winrar.

Cara Membuat File Menjadi Zip Atau Rar Lengkap Dengan Password


1. Kamu cari terlebih dahulu file yang ingin kamu ubah menjadi zip ataupun rar.



2. Lalu kamu klik kanan file tersebut lalu pilih Add to Archive...



3. Setelah itu kamu pilih nama file archivenya, lalu pilih format file archivenya dalam bentuk rar, lalu kamu klik set password.



4. Saat muncul form, isi saja password yang ingin kamu buat untuk mengunci file archivenya (winrar). Jangan lupa isi form untuk menulis ulang password untuk mengecek apakah password yang kamu ketik ada kesalahan ketik atau tidak. Jika sudah tinggal klik centang kotak encrypt file names lalu klik OK.



5. Yosh jika sudah jadi file kompress winrarnya kamu tinggal coba buka file yang sudah kamu buat. Muncul disuruh memasukkan password tidak?

Baca juga: Cara Ping Google Lewat CMD

Kenapa file kompress winrar harus berformat rar? karena untuk file format zip belum support untuk mengunci file hasil kompres dengan password. Jadi sebaiknya kamu memilih format rar aja ya guys walaupun ukuran filenya sedikit lebih besar dari zip tapi untuk fitur dan kualitas dijamin lebih mantap dibandingkan zip.

Ketika file penting kamu sudah dikunci dengan password otomatis kamu akan merasa lebih aman ketika ada orang lain yang berusaha mencuri ataupun ingin membuka file penting kamu karena dia tidak akan bisa melihat isi file tersebut tanpa memasukkan kata sandi yang sudah kamu setel sebelumnya.

Baca juga: Jenis Penipuan Online Yang Memakan Banyak Korban

Sekian artikel dari amtread.com mengenai Cara Mengunci File Zip Atau Rar Dengan Password Supaya Lebih Aman. Share artikel ini ke teman-teman kamu bila mereka membutuhkan dan bila kamu berhasil mengikuti tutorial ini, insyaallah file kamu bisa lebih aman dari intipan tetangga hehe.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar