Skip to main content

8 Jenis Modus Penipuan Online Yang Sudah Banyak Memakan Korban

Jenis Modus Penipuan Online
Jenis Modus Penipuan Online

Jenis Penipuan Online Yang Sering Dilakukan - Dunia maya merupakan dunia dimana semua orang bisa saling terhubung walaupun tidak saling berdekatan. Mulai membuat percakapan, mencari jodoh, hingga kegiatan jual belipun bisa dilakukan di dunia maya. Hanya memerlukan internet untuk online maka kamu bisa melakukan itu semua.

Banyak yang mengatakan "Semakin praktis, semakin menimbulkan banyak kekurangan", yap itu menurut saya memang benar. Di dunia maya merupakan dunia yang serba praktis karena hanya menggunakan gadget semua bisa dilakukan dengan begitu mudahnya. Tidak perlu keluar rumah hanya untuk membeli barang, tidak perlu keluar rumah hanya untuk membeli makan, tidak perlu ke luar rumah hanya untuk bekerja, dan untuk bertatap muka pun bisa dilakukan hanya di depan gadget. Praktis bukan?


Namun siapa sangka di balik kepraktisan itu ada suatu kejahatan yang sering terjadi di dunia online. Kasus kejahatan yang sering terjadi adalah kasus penipuan, dimana jika korban sudah melakukan apa yang diperintahkan baik itu membayar, disuruh kerja, dan sebagainya kemudian si pelaku tinggal memblokir si korban supaya si korban tidak dapat menghubungi si pelaku tersebut. Oleh karena itu kamu wajib waspada ketika ingin mendapatkan barang ataupun uang di dunia maya. Lalu apa saja sih modus penipuan online yang sering terjadi di dunia maya? Cek di bawah ini.

Jenis Modus Penipuan Online Yang Sudah Banyak Memakan Korban


1. Undian Berhadiah

Kasus ini biasanya sering terjadi melalui sms-sms yang masuk di nomer hp kamu. Pelaku biasanya membuat sms ke sembarang nomer dengan disertai dengan kata-kata tentang undian baik yang sudah dilaksanakan ataupun tiba-tiba kamu menang undian.


Bahkan orang tua saya juga pernah mendapat sms bahwa orang tua saya memenangkan undian dengan hadiah total 100 juta yang dimana untuk mengecek infonya diharuskan memasuki link yang telah dituliskan di dalam sms yang orang tua saya terima. Lalu di dalam website tersebut bila menang undian harus menghubungi salah satu kontak yang telah tersedia. Saat orang tua saya menghubungi kontak tersebut, kagetnya orang tua saya disuruh transfer sejumlah uang untuk mendapatkan hadiah tersebut. Sampai disitu sudah mencurigakan dan akhirnya orang tua saya tidak mau transfer.

Jadi bagi kamu yang mendapatkan pesan tentang undian berhadiah, jangan kamu pedulikan. Itu merupakan modus penipuan yang paling umum dilakukan oleh penipu-penipu di dunia maya.

2. Phising

Phising merupakan teknik dimana si pelaku membuat domain serta tampilan website semirip mungkin dengan website-website besar seperti facebook, google, garena, dan masih banyak lagi. Teknik phising ini biasanya bisa berupa form login dan juga form register yang dimana ketika si korban login ataupun register di website phising tersebut, maka data yang si korban submit akan terkirim kepada si pemilik website tersebut.

Misalkan saya pelaku phising yang dimana tujuannya mendapatkan akun facebook kamu, dan misalkan kamu pemain dragon city maka saya akan membuat website cheat dragon city dengan desain seperti facebook serta membuat desain tambahan yang bertemakan dragon city. Kemudian di dalam website tersebut saya membuatkan form login yang dimana kamu jika ingin menggunakan cheat tersebut kamu harus login menggunakan akun facebook kamu terlebih dahulu. Jika kamu berminat dengan cheatnya maka kamu akan login dengan akun facebook di website phising buatan saya. Lalu setelah menekan tombol login atau submit maka data akun kamu sudah masuk ke daftar akun phising yang kemudian saya tinggal ubah password facebook kamu dan akun facebook kamu sudah sepenuhnya menjadi milik saya.


Biasanya teknik phising ini dilakukan oleh penipu online untuk mendapatkan akun sosial media ataupun akun-akun game online. Lalu biasanya si pelaku jika sudah mendapatkan akun si korban, kemudian dijual dengan harga yang sangat murah.

Saran saya jika kamu ingin login maka pastikan kamu login di website resminya dengan mengecek domainnya apakah sama dengan domain website resminya atau tidak.

Contoh: Blog resmi amtread adalah amtread.com, namun jika kamu disuruh login di blog dengan domain amtread.000webhost.com atau amtread.me ataupun domain selain amtread.com maka lebih baik kamu jangan login di sana untuk menghindari akun kamu terambil alih oleh pemilik web phising.

3. Scamming Atau Carding

Sistem scamming atau carding ini sama seperti phising, namun bedanya scamming ini untuk mengetahui data-data akun pembayaran kamu seperti paypal, apple, ataupun credit card. Setelah data yang dimasukkan sudah dikirim, maka data tersebut akan masuk ke email pelaku scamming itu. 

Setelah data akun pembayaran kamu sudah diketahui oleh si pelaku scamming, maka pelaku tersebut bisa dengan bebas membeli barang dengan data akun kamu dan yang nantinya kamu yang membayar apa yang dibeli oleh si pelaku.

Misalnya pelaku mendapatkan data kartu kredit kamu, maka pelaku berbelanja dengan memasukkan data kartu kredit kamu yang dimana setiap pembeliannya akan terhitung sebagai tagihan di kartu kredit kamu. Ujung-ujungnya nanti yang akan ditagih adalah pemilik kartu kredit itu sendiri (kamu). Pelaku yang melakukan kegiatan tersebut disebut sebagai carder dan kegiatan jahatnya disebut carding.

Jadi seperti pesan di modus phising yang tadi telah saya sampaikan. Jangan pernah memasukkan data apapun ke dalam website yang tidak terkenal apalagi sampai memasukkan data akun penting baik itu akun sosial media, game, ataupun akun pembayaran.

4. Menunjukkan Bukti Pembayaran Palsu

Biasanya jika penjual adalah si penipu, sekarang pembelipun bisa menjadi menipu. Bila kamu menjadi penjual yang menyuruh pembeli mentransfer sejumlah uang, maka setelah si pembeli menyertakan bukti telah mentransfer, pastikan dahulu bahwa uang yang telah ditransfer pembeli telah masuk ke dalam rekening kamu. Jika pembeli sudah memberikan bukti transfer namun uang di Atm kamu tidak bertambah, sudah dipastikan itu bukti pembayaran palsu yang dibuat dengan teknik editing.

Baca juga: Cara Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online Di Sosmed

5. Menjual Dengan Harga Miring

Jika kamu menemukan penjual yang menjual sesuatu dengan harga yang jauh di bawah rata-rata, sudah seharusnya kamu curigai. Bila kamu tetap nekat membeli dan langsung mengirim uang yang sudah ditentukan, pasti seteleh uang itu sampai ke si penipu lalu kamu akan langsung diblokir.


Jika sudah terjadi seperti itu kamu akan mengeluh, ngadu ke sana-sini, sedih sendiri, dan paling parah bisa membuat kamu mengakhiri hidup. Nauzubillahiminzalik.

6. Penipuan Skema Ponzi

Ini jenis modus penipuan yang dimana tekniknya seperti MLM. Misalnya anda bergabung dengan perusahaan amtread corp yang dimana jika kamu mendapatkan anggota baru yang akan bergabung akan saya iming-imingi bonus yang sangat luar biasanya. Contohnya 10 juta dalam sekali mendapatkan member.

Jika kamu sudah tahu dengan hadiah yang super menggiurkan seperti itu otomatis kamu akan giat mendapatkan banyak member supaya bisa mendapatkan bonus yang sangat banyak. Tapi jangan terkecoh itu hanya iming-iming dari si penipu dan semakin banyak member yang kamu undang untuk bergabung maka kamu akan mendatangkan banyak korban.

7. Pesan Berantai

Pesan ini sering sekali dilakukan oleh orang-orang yang menggunakan sosial media. Biasanya isi pesan ini bisa berupa ancaman ataupun iming-iming hadiah bila menyebarkan pesan tersebut. Ujung-ujungnya pesan itu akan tersebar terus yang akhirnya pengirim pesan pertama tak dapat lagi terlacak.

Contoh ancaman yang sering ada di dalam pesan adalah seperti ini "Nama saya ziuandengdeng dan saya baru saja masuk ke dalam sebuah regu pembunuhan terkenal di negara ini. Namun saya belum dijadikan anggota resmi bila belum membunuh 1000 orang. Bila pesan ini tidak kamu sebarkan maka saya akan datang ke tempat kamu dan saya akan menjadikan kamu salah satu korban saya".


Karena yang menerima pesan tersebut takut, ia akan share ke teman, dan grupnya dan akhirnya yang mendapatkan pesan tersebut juga takut yang akhirnya mereka ikut share juga. Begitu seterusnya.

Jadi bila kamu mendapatkan pesan ini, sebaiknya diamkan saja dan jangan kamu share. Ini sama saja kamu menyebarkan ketakutan ke teman-teman kamu dan hanya membuang-buang waktu kamu saja.

8. Software atau Aplikasi Berisi Virus Atau Trojan

Hindari kegiatan mendownload aplikasi ataupun software selain dari website resminya. Karena banyak sekali orang jahil yang menyisipkan virus ke dalam aplikasi atau software yang kemudian dia upload ke internet dengan tujuan orang lain bisa mengunduhnya.

Bila kamu mendownload apk atau software yang berisikan virus tersebut, maka otomatis device kamu sudah bisa terbilang rusak, bahkan data-data pribadi kamu bisa diambil oleh pembuat aplikasi atau software yang berisikan virus tersebut.

Saran Dari Admin Amtread

Jika kamu ingin terhindari dari penipuan online saat bertransaksi baca terlebih dahulu ciri-ciri ripper/penipu online di dunia maya supaya jika kamu sedang berkomunikasi dengan penjual dengan ciri-ciri tersebut kamu sudah bisa langsung tahu bahwa ia penipu. Kemudian kamu bisa menggunakan rekber ataupun pulber supaya transaksi bisa lebih aman. Lalu kamu bisa mengabaikan pesan masuk yang tidak penting, walaupun itu sangat menggiurkan. Selalu melakukan apapun dari website resminya baik itu download, login, register, ataupun menginput data lainnya.


Sebarkan artikel ini bila menurut kamu ini bermanfaat, dan abaikan bila kamu ingin saya datangi rumahnya dengan sebilah pisau. Hehe bercanda mas jangan dibawa serius. Sekian artikel dari amtread.com mengenai Jenis Modus Penipuan Online Yang Sudah Banyak Memakan Korban. Semoga setelah kamu membaca artikel ini kamu bisa terhindar dari modus penipuan yang sudah saya bahas di atas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar