Skip to main content

Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa Dicopy Paste (COPAS)

Cara Supaya Artikel Blog Tidak Bisa Dicopy-paste
Cara Supaya Artikel Blog Tidak Bisa Dicopy-Paste

Cara agar postingan artikel blog tidak bisa diCOPAS - Halo guys, kembali lagi dengan amtread. Kali ini saya akan membagian cara supaya artikel yang sudah susah payah kamu buat tidak dapat di copy paste oleh orang lain seenak jidatnya. Siapa sih blogger yang tidak kesal bila artikel yang sudah ia buat sepenuh hati tiba-tiba terkena copas 100% begitu saja? Pasti semuanya kesal, termasuk saya.

Namun tanda blogger yang sukses ialah blog yang artikelnya dicopy paste oleh blog orang lain yang tidak memiliki skill sama sekali. Coba kamu bayangkan bila orang yang copy paste blog kamu tidak punya skill tentang blog, bisa update artikel berkali-kali dalam sehari, dan lebih parahnya lagi artikel yang dia copas berhasil membalap artikel original yang copas dari kamu di SERP google, Gimana perasaan kamu?

Baca juga: Cara Memasang Notifikasi Menggunakan Cookie Di Blog

Oke untuk itu disini saya akan memberi tahu kamu tips, trik, ataupun tutorial cara supaya postingan artikel kamu tidak bisa dicopy paste dengan cara kata-kata yang berada di dalam artikel kamu tidak bisa di block (artinya sudah tidak mungkin untuk bisa dicopy paste orang lain). Namun kekurangannya bila orang itu niat, dia bisa copy satu persatu kata dari artikel kamu dengan ctrl + u (namun cara ini sangat lama dan yang pasti butuh perjuangan sekali), dan dia bisa dengan menonaktifkan fitur javascript browsernya supaya javascript anti copas di blog tersebut tidak bisa mencegah copy paste (untuk mengatasinya kamu bisa cek disini).

Kebanyakan tutorial di google cara mengatasi copas di artikel blog adalah dengan menggunakan javascript dengan tujuan supaya lebih interaktif, namun cara tersebut bisa gagal bila viewernya tidak mengaktifkan fitur javascript di browsernya. Namun di tutorial amtread ini kamu hanya perlu menggunakan css atau biasa disebut dengan kata pure css. Oke kita langsung masuk saja ke caranya di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengubah Scrollbar Blog Menjadi Lebih Menarik

Cara Supaya Artikel Blog Tidak Dapat Dicopy Paste (COPAS)


1. Pertama-tama kamu copy terlebih dahulu code di bawah ini.

/*Anti copy paste amtread*/

.post-body{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;-o-user-select:none;user-select:none}

blockquote,.blockquote,pre,code,i{-webkit-touch-callout:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;-o-user-select:text;user-select:text}

/*akhir copy paste amtread*/


2. Setelah ini kamu paste code yang tadi kamu copy di antara <style> dengan </style> di dalam edit html template blogger kamu.

3. Lalu tinggal kamu save saja dan silahkan coba kamu buka salah satu artikel blog kamu apakah masih bisa dicopas atau tidak.

Script di atas dibuat dengan tujuan supaya artikel blog kamu yang berada di dalam element code .post-body tidak dapat dicopy paste. Kemudian diberikan code tambahan blockquote, .blockquote, pre, code, dan i supaya tulisan yang berada di dalam element code tersebut bisa dicopy paste (biasanya berguna untuk menulis code script yang harus dicopas). Kamu jika ingin membuat tutorial yang mengharuskan mengcopy code yang sudah kamu sediakan, kamu bisa dengan menggunakan fitur Quote di blogger.

Baca juga: Cara Membuat Tombol Chat Whatsapp Melayang Di Blog

Sampai disitu artikel kamu sudah tidak bisa dicopas oleh orang lain dengan seenaknya saja tanpa meminta izin ataupun memberikan sumber ke blog kamu. Bila kamu ingin lebih aman lagi, kamu bisa memasang fitur anti click kanan, anti inspect element, dan juga anti ctrl u supaya tidak ada lagi celah untuk mereka para pencuri artikel yang ingin copy paste artikel kamu.

Baca juga: Cara Mengatasi Jingling (Bot Visitor) Di Blog

Sekian artikel dari amtread.com mengenai cara agar postingan artikel blog tidak bisa dicopy paste oleh orang lain. Bila ada kenalan kamu yang mengalami blognya sering dicopy paste orang lain, silahkan beritahukan artikel ini kepadanya supaya dia bisa mengatasi masalah tersebut dan insyaallah akan memberikan manfaat baik kepada kamu ataupun saya selaku yang memberikan tutorial ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar