Skip to main content

Cara Mudah Mengecek Broken Link Dengan Brokenlinkcheck.com


cara mengecek broken link menggunakan brokenlinkcheck.com
Cara Mengecek Broken Link



Cara Mengecek Broken Link Menggunakan Brokenlinkcheck.com - Dalam dunia blogging teknik SEO itu sangat penting, baik SEO off page maupun off page. Banyak sekali para blogger yang mengaitkan url di dalam artikel, baik itu ke link artikel sendiri ataupun ke website luar. Pada mulanya link yang mengaitkan itu valid (ada), kemudian seiring berjalannya waktu ternyata website tersebut sudah dihapus ataupun mengganti domain sehingga link yang ada di dalam artikel kamu (mengarah ke link website yang telah berganti domain)  menjadi invalid.

Contoh:
Misalnya blog kamu linknya medantempur.com, kemudian kamu membuat artikel dan di dalam artikelnya terdapat link tautan menuju blog saya amtread.tech. Pada awalnya blog saya dulu amtread.tech yang berarti link tautan kamu saat diklik benar menuju ke blog saya (ada). Namun sekarang saat saya berganti domain ke amtread.com, maka otomatis saat link tautan di artikel kamu diklik akan mengarah ke amtread.tech dan itu jelas-jelas sudah tidak ada (tidak ditemukan). Nah link tautan di artikel kamu yang sekarang disebut broken link atau invalid link.

Lalu apa dampak dari broken link itu sendiri? Google akan mengira bahwa blog kamu tidak terawat, sehingga google menurunkan kepercayaannya terhadap artikel-artikel buatan kamu dan artikel yang ada broken linknya akan susah naik peringkat di SERP, bahkan bisa turun peringkat ataupun menghilang dari index google. Bahaya sekali bukan?


Semakin banyak broken link yang ada di dalam blog kamu, semakin jelek juga kualitas artikel di mata google. Maka dari itu kamu perlu pengecekan broken link secara rutin supaya blog kamu tetap terlihat bagus dan profesional di mata google ataupun pengunjung artikel kamu.

Ada beberapa website yang menyediakan tool broken link checker, namun saya merekomendasikan 2 website ini, karena sering digunakan oleh pakar SEO. Silahkan kamu pilih saja salah satu.

Broken link checker:
  1. Siteliner.com
  2. Brokenlinkcheck.com
Karena judul artikel ini "Cara Mudah Mengecek Broken Link Dengan Brokenlinkcheck.com", maka saya akan menggunakan website nomor 2. Oh ya kalau kamu mau mengecek broken link menggunakan website nomor 1 atau siteliner, kamu bisa mempelajari caranya disini.

Cara Mudah Mengecek Broken Link Dengan Brokenlinkcheck.com

1. Langkah pertama ialah dengan masuk ke website brokenlinkcheck terlebih dahulu.



2. Masukkan url home page blog kamu pada kotak yang telah disediakan tanpa mengggunakan http://. Kemudian klik "Find broken links".



3. Isi kotak security code sesuai captcha yang ada, kemudian pilih saja "Report distinct broken links only" supaya pengecekan lebih cepat. Lalu klik lagi tombol "find broken links now!".



Tunggu hingga proses pencarian broken link selesai

4. Maka jika sudah selesai akan ada kolom kumpulan link mati (broken link) yang ada di blog kamu. Silahkan kamu perbaiki satu persatu dengan mengklik tombol url src untuk melihat broken linknya ada dimana.



Ketika kamu sudah tahu broken linknya ada di artikel mana, kamu bisa mengedit artikel tersebut dan ubah link matinya menjadi link hidup (masih ada). Cukup sekian artikel dari amtread.com mengenai cara mengecek broken link menggunakan brokenlinkcheck.com yang pastinya bisa kamu terapkan sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar