Skip to main content

Cara Melaporkan Artikel Blog COPAS Ke Google DMCA

Cara Melaporkan Artikel Blog COPAS Ke Google DMCA
Cara Melaporkan Artikel Blog COPAS Ke Google DMCA


Cara Melaporkan Artikel Blog COPAS Ke Google DMCA -  Dalam dunia tulis menulis seperti blog, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kegiatan black hat, yaitu kegiatan yang dilarang ketika sedang melakukan pembuatan blog, baik itu dalam menulis artikel, mencari backlink, ataupun spamming SEO.

Masalah yang paling dibenci oleh para blogger adalah adanya blog AGC atau blog copas 100% dari akar-akarnya. Sehingga pihak google pun merespon keluhan dari para blogger tersebut dengan disediakannya lumendatabase atau yang sering disebut sebagai google DMCA untuk melaporkan artikel-artikel copy paste.

Baca juga: Cara Mengecek Broken Link Blog

Apa itu Google DMCA?

Google DMCA merupakan layanan dari google untuk mengatasi blog-blog yang mengupload artikel COPAS dari artikel blog originalnya. Yap fitur layanan google ini pastinya sangat membantu bagi para penulis artikel original supaya artikelnya tidak bisa dicopy paste begitu saja. Dengan adanya layanan google ini, pastinya membuat para tukang copas berfikir panjang untuk mengcopy artikel orang lain dengan seenaknya saja. URL yang telah di laporkan di google DMCA nantinya akan dimasukkan ke lumendatabase untuk disimpan sebagai daftar URL yang terindikasi copas.

Oh ya kamu wajib tahu terlebih dahulu perbedaan antara artikel original, artikel rewrite, dan artikel copy paste (COPAS). Mungkin yang pertama berbeda jauh antara yang kedua dan juga yang ketiga. Namun antara rewrite dan copas sendiri masih banyak yang salah pengertian dalam memahaminya. Berikut ini perbedaan antara ketiga jenis artikel tersebut.

Perbedaan Artikel Original, Rewrite, dan COPAS (Copy Paste)

- Artikel original adalah artikel yang dibuat 100 persen tanpa mengikuti artikel yang ada dimanapun. Inti pembahasan dari artikelnya tidak sama dengan artikel yang ada di blog orang lain sehingga tidak ada kesamaan darimanapun. Misalnya keyword artikel tentang "Cara membuat kue donat", maka pembuat artikel akan cek terlebih dahulu cek di google tentang bagaimana cara membuat kue donat (keyword). Nah misalnya setelah dicari di google muncul beberapa judul artikel seperti "cara membuat kue donat menggunakan kompor, cara membuat kue donat dengan menggunakan tepung, dan cara membuat kue donat dengan ketumbar", maka pembuat artikel original akan membuat artikel "cara membuat donat menggunakan traktor" yang dimana proses pembuatan awal dan hasil akhirnya berbeda jauh dengan artikel lainnya.

Artikel blog lain membahas cara menggunakan A, maka artikel kamu bisa membahas cara menggunakan B.

Baca juga: Cara Membuat Artikel SEO Friendly Berkualitas Tinggi

Artikel original bisa juga membuat materi yang belum pernah ada di google sebelumnya (sama sekali tidak ada) misalnya "Cara membelah bulan dengan satu tarikan nafas". Tidak percaya? coba saja cari keyword tersebut di google, kalau mau silahkan kalian buat artikelnya. hehe.

- Artikel rewrite adalah artikel yang dibuat dengan menirukan artikel orang lain namun ditulis ulang dengan bahasa sendiri yang kata-katanya bisa diperpanjang ataupun diperpendek. Namun artikel rewrite yang baik adalah dengan menambahkan inti pembahasan dari materi yang dibawakan artikel. Misalnya blog A membahas pengertian, manfaat, dan tujuan, maka artikel rewrite bisa membahas tentang pengertian, tujuan, manfaat, cara menggunakannya, kekurangan, dan juga kelebihan.

Artikel rewrite seperti itu bisa dianggap google unik dan lebih lengkap sehingga bisa menaikkan peringkat di mesin pencari atau SERP.

- Artikel COPAS adalah artikel yang hasil copy paste dari artikel orang lain secara penuh atau 100%. Mulai dari judul, gambar, deskripsi, serta pembahasan dari paragraph awal sampai akhir paragraph dicopy semua dan dipaste kedalam artikel blognya sendiri. Blog yang COPAS sendiri sering disebut oleh para blogger sebagai blog AGC yaitu artikelnya yang bersumber dari berbagai artikel blog orang.

Cara Mengetahui Blog Yang Telah Copas Artikel Kita

Kamu bisa mengetahuinya secara manual melalui search engine google dengan cara mengetikkan keyword artikel kamu dan lihat artikel mana yang copy paste artikel kamu secara full. Berikut cara mengeceknya.

1. Buka google terlebih dahulu.

2. Kemudian ketikkan judul artikel kamu yang dituliskan menggunakan tanda kutip 2. Misalnya "Ciri-ciri Ripper" yang dimana ciri-ciri ripper itu keyword utama dari judul artikel kamu. Lalu cek hasil pencarian dan lihat satu persatu artikel apakah ada yang sama seperti artikel kamu atau tidak.



3. Untuk memastikannya lebih mendalam kita cek satu persatu artikel apakah sama persis atau tidak? Bisa kamu cek melalui gambar di bawah ini.

Artikel ORIGINAL

Artikel COPAS


4. Kemudian masukkan daftar link yang copas artikel kamu ke dalam microsoft excel ataupun notepad saja kalau diperlukan, namun jika tidak ya tidak usah.

Baca juga: Cara Cepat Mengoptimalkan Blog Agar SEO

Artikel COPAS lah yang membuat para blogger merasa sangat tidak nyaman karena selain viewer mengarah ke artikel copas, bisa-bisa artikel originalnya kalah saing di rank google (SERP). Oleh karena itu kamu bisa melaporkan bila ada artikel kamu yang terkena copy paste dari blog AGC dengan mengikuti cara di bawah ini.

Cara Melaporkan Artikel Blog COPAS Ke Google DMCA

1. Silahkan kamu masuk terlebih dahulu dengan mengklik link disini untuk membuka halaman awal google DMCA.

Dashboard google DMCA
Dashboard google DMCA


2. Pastikan kamu sudah masuk ke akun google terlebih dahulu, jika belum silahkan masuk dan jika sudah klik saja "Create a new notice".

Create a new notice


3. Kemudian silahkan kamu isi form Contact Information yang dibutuhkan. Kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini.

Isi formulir informasi kontak


First name: diisi dengan nama pertama kamu (nama asli).
Last name: diisi dengan nama akhir kamu (nama asli).
Company name: diisikan dengan nama blog kamu.
Copyright holder you represent: pilih saja yang self (perorangan) lalu ceklis.
Email address: diisi dengan menggunakan email blog kamu (blog yang terkena copas).
Country/Region: Pilih saja negara dimana kamu tinggal.

4. Jika sudah mengisi formulir informasi kontak atau Contact Information, selanjutnya kamu bisa menuliskan laporan kamu menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa mengisinya dengan mengikuti panduan gambar di bawah ini.

Isi detail laporan

Note: Untuk melaporkan artikel copas lainnya yang berbeda dari sumber artikel bisa menggunakan fitur "add a new group".

5. Langkah terakhir kamu tinggal ceklis saja semua kotak yang ada, kemudian kamu isikan form yang dibutuhkan.

Isi tanda persetujuan


6. Jika sudah ditekan submit maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Berhasil mengirim laporan


Untuk diterima atau tidaknya laporan kamu tergantung dari seleksi google DMCA apakah itu benar ataupun tidak. Jika benar maka otomatis url artikel copas akan langsung dimasukkan ke lumendatabase untuk dideindeks google supaya tidak dapat orang temukan dimesin pencari (search engine).

Sekian artikel dari amtread.com mengenai "Cara Melaporkan Artikel Blog COPAS Ke Google DMCA", sebarkan artikel ini ke kenalan kamu suoaya bisa melapor ke google bila artikel blognya terkena copas oleh orang lain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar