Skip to main content

3 Teknik Simpel Blogger DCB Membangun Personal Branding

Teknik Membangun Personal Branding Versi Blogger DCB
Teknik Membangun Personal Branding


Teknik Membangun Personal Branding Versi Bloger DCB - Dalam dunia bisnis tidak dapat lagi terlepas dari yang namanya promosi, baik itu promosi secara offline maupun online. Selain mempromosikan produk dagangan berupa barang ataupun jasa, ada juga yang namanya mempromosikan diri sendiri.

Eissst jangan salah paham ya kak, yang dimaksud mempromosikan diri itu adalah personal branding, yang dimana menempatkan diri seolah-olah sebagai produk dagangan itu sendiri. Jadi kamu mempromosikan diri dengan cara memperkenalkan diri sendiri seperti kamu sedang mempromosikan suatu barang dagangan.

Oke kita ketahui terlebih dahulu apa itu blogger DCB? Blogger DCB merupakan grup blogger yang berada di whatsapp untuk menampung para blogger di Indonesia. Kata DCB sendiri merupakan singkatan dari "Diskusi Cerdas Blogger" yang berarti grup tersebut hanya membahas seputar blogging dan bukan ke masalah yang lain. Grup DCB sendiri suka sekali mengadakan event seperti acara tukar komentar di artikel, backlink di waktu tertentu, dan sekarang lagi mengadakan event kontes SEO dengan keyword utama "Blogger DCB Membangun Personal Branding".

Oke kembali lagi ke topik utama membahas personal branding.

Apa itu Personal Branding?

Begini pengertian personal branding menurut wikipedia "Personal branding is the practice of people marketing themselves and their careers as brands. While previous self-help management techniques were about self-improvement, the personal-branding concept suggests instead that success comes from self-packaging. The term is thought to have been first used and discussed in a 1997 article by Tom Peters".

Bila diterjemahkan akan menjadi "Personal branding adalah praktik orang yang memasarkan diri dan karier mereka sebagai merek. Sementara teknik manajemen swadaya sebelumnya adalah tentang perbaikan diri, konsep personal-branding menunjukkan bahwa kesuksesan berasal dari pengemasan diri. Istilah ini dianggap pertama kali digunakan dan dibahas dalam artikel 1997 oleh Tom Peters".

Intinya personal branding itu memperkenalkan kelebihan diri sendiri kepada orang lain baik online maupun offline dengan memberikan kesan positif apa saja yang pernah ia lakukan dengan kelebihannya tersebut.

Tujuan Personal Branding

Tujuan utama dari membangun personal branding adalah untuk memperkenalkan diri kepada orang lain dalam jangka yang sangat luas. Semakin sering melakukan personal branding, semakin luas juga koneksi yang dapat dijangkau dari usaha itu sendiri. Tak terkecuali member DCB yang menggunakan caranya masing-masing dalam membangun personal branding. Namun disini saya merangkum 3 teknik yang sering di gunakan blogger DCB dalam membangun personal branding.

Teknik Blogger DCB Membangun Personal Branding

1. Memperluas Kenalan Atau Koneksi

Memperluas kenalan dapat memberikan kesan positif terdapat diri sendiri. Semakin banyak orang yang mengenal kita, semakin banyak juga orang yang mengetahui profesi kita mulai dari kelebihannya, keunikkannya, ataupun juga kekurangannya. Memperluas kenalan bisa dilakukan melalui berbagai cara salah satunya seperti memperbanyak grup di sosial media yang sesuai profesi diri sendiri.

Seperti saya ini, saya memasuki banyak grup whatsapp blogger karena saya seorang blogger, dan juga grup whatsapp lightroom mobile karena saya suka sekali memberi efek pada foto. Saya suka sekali memperbanyak grup blogger supaya blogger Indonesia tahu bahwa Amtread itu ada dan Amtread itu merupakan blog berkualitas.

Kesimpulannya silahkan perbanyak kenalan supaya profesi kamu lebih dikenal oleh orang lain, sehingga jika diri kamu sudah terkenal dengan kelebihannya dibandingkan yang lain, maka akan muncul juga beberapa pihak untuk mengajak untuk kerjasama.

Memasuki banyak grup sesuai bidang
Memasuki banyak grup sesuai bidang


Biasanya jika sering aktif dalam suatu grup, maka orang lain akan ingat dengan kamu baik itu dari profesi ataupun dengan karakter diri kamu. Sama halnya dalam grup blogger DCB, saya pun aktif di grup tersebut supaya blog saya dikenal dan saya bisa menjalin kerjasama dengan blogger-blogger yang ada disana seperti pemilik blog kurazone, bacalagers, nurdinsikalem, adamsyf, dan masih banyak lagi blog yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Tujuan dari kerjasama tersebut antara lain adalah untuk membangun personal branding saya ke arah yang lebih baik lagi.

2. Memperkenalkan Diri Sendiri

Sama halnya seperti pertama kali masuk sekolah, pasti ada yang namanya sesi perkenalan diri. Teknik perkenalan diri merupakan Dalam personal branding pun hal ini sangat perlu kamu lakukan mengingat posisi diri kamu sebagai produk yang harus dipromosikan. Kamu bisa menjelaskan kepada orang lain apa saja yang kamu bisa, tunjukkan bukti karya kamu kepada orang, sudah berapa lama kamu bisa melakukan itu, dan kamu bisa juga dengan menunjukkan halaman testimoni usaha kamu supaya kamu bisa lebih dipercaya orang lain.

Misal saya adalah seorang blogger, maka saya membangun personal branding di dunia maya dengan membuat profil akun sosial media yang baik. Pertama kali orang akan melihat profil akun saya apakah bisa dipercaya atau tidak. Oleh karena itu buatlah profil yang menunjukkan kebisaan ataupun kehebatan diri kamu (bukan berarti menyombongkan diri). Baik itu dengan memberikan foto diri, memasang animasi profesi, dan masih banyak lagi teknik memperkenalkan diri di dunia maya yang dapat kamu kembangkan sendiri.

Membuat profil yang memperkenalkan profesi kamu
Membuat profil yang memperkenalkan profesi


Dari gambar di atas pasti dengan sekali lihat kamu akan tahu bahwa orang tersebut adalah seorang Blogger. Yap pasti yang pertama kamu lihat adalah banner foto yang begitu besar sehingga mudah dilihat.

3. Aktif Menjawab Pertanyaan

Ketika kamu aktif menjawab pertanyaan orang lain, otomatis orang tersebut akan mengenal bahwa kamu hebat dalam bidang yang sering ditanyakannya. Contohnya ketika Mario Teguh diberikan banyak pertanyan seputar masalah pribadinya dan sering sekali menjawab dengan kata-kata bijak yang membuat orang tersebut termotivasi bangkit kembali, otomatis orang tersebut akan ingat kata-kata tersebut dan mengingat siapa orang yang memberikan kata-kata tersebut.

Sama seperti poin nomer 1 yaitu aktif di grup, ketika ada orang bertanya dan kamu sering menjawab pertanyaan tersebut yang dapat memecahkan masalah dari si penanya, maka orang tersebut akan sering sekali bertanya kepada kamu dan otomatis kamu akan diingat terus oleh orang itu.

Menjawab pertanyaan supaya terlihat profesional
Menjawab pertanyaan supaya terlihat profesional


Semakin kamu terlihat pintar, maka profesi kamu juga akan semakin diingat orang lain. Tidak selamanya kamu harus menjawab pertanyaan yang kamu tahu, melainkan kamu mencari tahu jawaban dari pertanyaan dari orang lain kemudian jika sudah tahu jawabannya, maka kamu beritahu jawabannya kepada si penanya tadi.

Skema: A= bertanya --> B= Mencari tahu --> B= Sudah tahu --> B= Memberi tahu ke A

Orang tidak akan melihat prosesnya melainkan hanya ingin tahu hasil dari diri kamu. Jadi buatlah proses yang luar biasa untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa juga.

Ketika kamu ingin melakukan personal branding, lakukanlah dengan sepenuh hati dan jangan ditahan ide yang ingin kamu keluarkan. Jangan takut gagal, karena kesuksesan tidak akan terjadi sebelum kamu mencoba.

Nah itu tadi 3 Teknik dari amtread.com tentang bagaimana member blogger DCB membangun personal branding yang dapat kamu terapkan kedalam profil diri kamu.

Blogger DCB Membangun Personal Branding
Blogger DCB Membangun Personal Branding

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar