Skip to main content

Tips Jitu Mengatasi HP Android Yang Lemot Atau Ngelag

Tips mengatasi HP lemot dengan mudah - Smartphone merupakan hp canggih dizaman sekarang ini. Namun smartphone sendiri tidak dapat terbebas dari berbagai masalah, salah satunya lemot atau bisa sering disebut lag.

Ternyata android yang lag sendiri disebabkan karena kinerja hp kamu yang lelet sehingga saat kamu membuka atau menggunakan aplikasi, maka aplikasi tersebut menambah beban hp kamu. Jika hp kamu tidak kuat untuk menjalankan aplikasi tersebut, maka hp kamu akan lemot.

Cara Mengatasi HP Lemot
Pict by tribun

Tentunya jika kamu mempunya hp yang lemot pasti akan sangat mengganggu dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi jika kamu ingin bermain game. Game sendiri merupakan aplikasi terberat menurut saya. Karena database game sangat banyak dan masih akan terus meningkat seiring update yang terjadi. Game yang diupdate berarti ada penambahan fitur dan itu berarti juga menambah source code di dalam aplikasi game tersebut. Sehingga ketika menjalankan game tersebut bisa berdampak membuat hp lag, lemot, lelet, bahkan sampai membuat aplikasi game tersebut dapat berhenti berjalan dengan sendirinya.

Baca juga: Cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi

Kenapa hp bisa menjadi lemot? ternyata ada beberapa faktor di bawah ini bisa menyebabkan hp kamu menjadi lemot seiring berjalannya waktu. Jika hp kamu sudah mengalami ngelag, silahkan coba atasi dengan beberapa cara di bawah ini yang dapat membuat hp kamu bisa berjalan lancar seperti baru lagi.

Cara Mengatasi HP Lemot, Lelet, Dan Lag Dengan Mudah

1. Hapus Chache

HP yang lemot biasanya disebabkan oleh chache atau sampah yang menumpuk sehingga membebani kapasitas memori hp kamu. Oleh karena itu kamu bisa menghapus chache dengan menggunakan aplikasi tambahan untuk menghapus chache. Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan chache adalah NOX Cleaner yang dapat kamu download di google playstore.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang tidak kamu butuhkan sebaiknya kamu hapus saja, sebab aplikasi yang terinstall dapat berjalan di latar belakang hp kamu sehingga kinerja RAM menjadi berkurang ketika kamu membuka aplikasi lain seperti game. Maka dari itu kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak terpakai supaya mengurangi kinerja RAM kamu supaya saat kamu membuka aplikasi jadi tidak ngelag lagi.

3. Hapus Beberapa File di Internal Yang Tidak Penting

RAM merupakan penampungan data file chache sementara ketika aplikasi sedang dijalankan, yang kemudian data chache tersebut akan ditampung ke penyimpanan internal. Namun apabila penyimpanan internal tinggal sedikit maka aplikasi mengeluarkan chache menjadi terhambat karena penyimpanan internal yang tidak sedikit, yang akibatnya saat menjalankan aplikasi hp kamu menjadi ngelag. Nah biasanya aplikasi suka keluar dengan sendirinya bisa diakibatkan penyimpanan internal yang sudah habis total. Maka dari itu kamu bisa mengosongkan atau memberi ruang di penyimpanan internal kamu.

Baca juga: Cara Mengatasi RAM Laptop/PC Tidak Terbaca

4. Jangan Menggunakan Theme Di HP

Theme juga merupakan program. Sehingga jika menggunakan theme maka program itu akan berjalan dengan sendirinya jika hp dinyalakan dan membebani RAM hp kamu. Nah kamu boleh saja menggunakan theme jika hp kamu menggunakan RAM dan Penyimpanan yang besar. Namun jika hp kamu ngelag atau lemot, silahkan hapus tema di hp kamu untuk mengurangi beban kinerja RAM.

5. Factory Reset (Kembalikan setelan pabrik)

Langkah terakhir bisa dengan melakukan factory reset atau mengembalikan hp kamu seperti pertama kali beli baru. Yap hp yang baru beli pasti lancar dan ngebut, jadi jika kamu mengembalikan setelan hp kamu seperti baru beli pasti hp kamu menjadi ngebut kembali. Tapi kekurangan dari reset ulang yaitu aplikasi yang sudah kamu install akan terhapus otomatis, dan data akan otomatis terhapus namun bisa kamu cadangkan terlebih dahulu.

Baca juga: Aplikasi Yang Dapat Membuat Kamera HP Kamu Seperti DSLR

Nah itu beberapa cara supaya hp kamu yang awalnya lemot, lelet, dan lag bisa kembali lancar ketika menjalankan sebuah aplikasi. Kamu bisa share artikel ini ke teman kamu yang hpnya ngelag-ngelag ketika membuka aplikasi. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya di amtread.com.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar