Skip to main content

5 Plugins Chrome Yang Wajib Dimiliki Oleh Blogger

Plugins Chrome Untuk Blogger

Plugin yang wajib dimiliki oleh blogger di chrome - Dalam membuat artikel di blog, sudah selayaknya untuk riset keyword baik untuk mencari volume yang besar, mencari saingan yang kecil, hingga mencari BPK adsense yang besar. Sebenarnya dalam meriset kata kunci, kamu bisa menggunakan tool yang tersedia di website-website namun ada beberapa plugin yang dapat kamu gunakan dan install di chrome extensions untuk ngeblog. Kita bahas dulu yang tool website ya, berikut daftar website yang dapat kamu gunakan untuk riset keyword.

Daftar tempat untuk riset keyword


Sebenarnya masih banyak lagi website penyedia jasa riset keyword baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun di sini saya akan memberi tahu kamu untuk riset keyword tanpa website ataupun software manapun. Melainkan menggunakan Plugin atau Extensions yang ada di google chrome. Kamu bisa melihat volume penelusuran, kualitas blog kompetitor (Alexa rank, DA PA, umur domain, , info website dari whois, dll), CPC keyword yang ingin dibuat, kapan artikel kompetitor dibuat, dan masih banyak lagi lainnya.
Selain plugin untuk riset keyword, saya juga akan memberi tahukan plugin untuk mengecek backlink. Gimana itu maksudnya? misalnya kamu menanam artikel di amtread dengan tujuan memberi link yang mengarah ke blog kamu. Kamu tahu tidak kalau link itu do-follow atau no-follow? pasti tidak tahu dong tanpa bantuan plugin di chrome browser kamu. Emang beda antara do-follow dengan no-follow? perlu kamu ketahui bahwa backlink do-follow lebih bagus dari no-follow.
Jika amtread ketahuan memberi link ke blog kamu dengan no-follow, kamu bisa saja protes ke amtread (si pembuat backlink) supaya diubah ke do-follow.

Lalu apa saja sih plugin atau extensions di chrome browser yang sangat berguna bagi Blogger?

1. Keyword Everywhere

plugin keyword everywhere


Plugin yang pertama ini sudah tidak asing lagi di telinga blogger Indonesia ataupun luar negeri karena plugin ini sangat berguna sekali lantaran fitur yang tersedia sangat banyak. Plugin ini bisa menjadi senjata utama ketika meriset keyword di SERP secara langsung. Bagaimana cara menggunakan plugin ini? kamu tinggal search saja kata kunci utama kamu di google, maka akan diberikan laporannya di sebelah kanan layar pencarian.

Berikut fitur yang ada di keyword Everywhere:

  • Related keyword
  • People Also Search For Google
Dari dua fitur diatas dapat disimpulkan keyword everywhere berguna untuk mencari keyword turunan  yang dilengkapi dengan volume pencarian, cpc, dan tingkatan competitor dari setiap keyword turunan tersebut yang nantinya dapat kamu masukkan ke dalam artikel kamu.

2. SEOquake

plugin Seoquake


SEO Quake ini fungsi utamanya adalah untuk melihat kualitas blog kompetitor di keyword yang sedang kamu bidik. Misal kamu baru membuat blog beberapa minggu, namun kamu ingin membuat artikel mengenai SEO yang saingannya sangat berat seperti panduanim, mastah seo, syamsulalam, dan masih banyak lagi blog yang sangat bagus kualitas blognya dan tak mungkin kamu saingi di SERP. Lalu apa kamu bisa tahu kualitas blog lawan tanpa menggunakan plugin? tentu tidak, kamu pasti hanya bisa menerka-nerka saja apa itu blog bagus atau tidak. Jangan meremehkan blog dengan domain .blogspot.com, karena jika blog tersebut sudah lama maka google akan meningkatkan kepercayaannya terhadap blog tersebut. Sekali lagi apa kamu tahu blog tersebut bagus atau tidak tanpa alat bantuan apapun?


Berikut fitur yang disediakan oleh SEO Quake:
  • Alexa Rank (mengecek ranking alexa blog kompetitor).
  • Google Index ( mengecek seberapa banyak artikel yang diindex oleh google dari blog kompetitor).
  • Bing Index (sama seperti Google Index namun ini di Bing).
  • Semrush Rank (sama seperti Alexa Rank namun ini rank di Semrush).
  • Webarchive Age (mengetahui kapan blog kompetitor dibuat).
  • Semrush subdomain backlink (mengecek seberapa banyak backlink blog kompetitor dari subdomainnya sendiri).
Sebenarnya fitur dari SEO Quake masih banyak lagi dan tidak sanggup saya sebutkan satu persatu. Kamu bisa melihat fiturnya SEO Quake melalui gambar di bawah ini.

Fitur plugin SEOquake
Fitur plugin SEOquake

Sangat banyak sekali bukan fitur yang disediakan oleh SEO Quake yang dijamin sangat berguna ketika kamu akan membuat artikel namun takut dengan saingan yang sangat berat.

3. Automatic Backlink Checker

Plugin Automatic Backlink Checker


Plugin ini sangat berguna ketika kamu ingin memasang backlink di blog orang lain. Kamu bisa saja tertipu dengan backlink no-follow yang diberikan oleh blog orang lain tanpa kamu sadari. Tapi jika kamu memasang plugin ini, kamu bisa mengecek secara real apakah link yang mengarah ke blog kamu itu dofollow atau nofollow. Jika nofollow, kamu bisa protes kepada si pembuat backlink. Namun jika tidak ada kesepakatan untuk memasang link dofollow ataupun nofollow itu sudah lain cerita hehehe.

4. Google Translate

Plugin Google Translate


Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris, plugin ini sangat berguna bagi kamu ketika hendak membaca artikel dari luar negeri tanpa harus copy paste text artikel yang ingin kamu baca. Dengan beberapa kali klik maka seluruh halaman langsung diterjemahkan ke bahasa yang kamu inginkan.

Sangat berguna bukan ketika kamu ingin mencari referensi artikel di blog luar, belajar ilmu SEO dari blog luar, dapat pesan dalam bahasa Inggris, dan masih banyak lagi kasus yang membuat kamu terpaksa menggunakan plugin ini.

5. Grammarly For Chrome

Plugin Grammarly For Chrome


Plugin ini berfungsi untuk memperbaiki kata yang salah dalam penulisan artikel. Jika menulis artikel banyak kesalahan penulisan atau istilah jaman sekarang adalah typo maka kata yang salah tulis itu membuat pengunjung tidak enak dalam membacanya dan tidak bisa menjadi keyword di google SERP. Jadi sebelum membuat artikel ada baiknya kamu menginstall terlebih dahulu plugin Grammarly ini terlebih dahulu. Sangat berguna bagi yang menulis artikel dalam bahasa Inggris dan kurang berguna untuk menulis artikel bahasa Indonesia.


Itu tadi beberapa plugin yang wajib kamu install supaya kamu enak dalam membangun blog dan bisa membuat artikel kamu page one. Namun artikel page one tergantung dari kontenya itu sendiri dan tidak ada sangkut pautnya dengan plugin apapun itu. Konten yang bermanfaat akan mendatangkan banyak pengunjung dan membuat reputasi artikel itu bagus di mata google. Plugin hanya pelengkap, dan hanya alat yang dapat kamu gunakan. Ibarat menyapu, bersih tidaknya lantai yang kamu sapu tergantung dari kemampuan kamu dan bukan dari sapunya. Terus kembangkan blog kamu dan jangan menyerah sebelum titik darah penghabisan hehe.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar