Skip to main content

5 Cara Ampuh Membetulkan RAM Error Tidak Terbaca

Cara memperbaiki RAM error tidak terbaca di laptop atau komputer - RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM merupakan hardware komputer ataupun laptop yang memiliki peranan sangat besar terhadap kinerja laptop kamu supaya terasa lancar-lancar saja ketika menjalankan suatu program. Entah itu untuk kerja ataupun bermain game. Namun apa yang terjadi bila RAM ini rusak atau tidak terdeteksi? Yap laptop ataupun komputer kamu tidak dapat digunakan tanpa RAM karena RAM merupakan penyimpanan sementara ketika software, game, ataupun program lainnya ketika sedang dijalankan, namun tanpa RAM maka memori sementara tidak ada dan otomatis program tidak dapat dijalankan.

RAM mulai berfungsi ketika laptop dinyalakan karena saat laptop dinyalakan akan banyak program yang jalan di latar belakang laptop atau komputer kamu. Mulai dari pengoprasian OS seperti windows, linux, dan OS lainnya hingga pengoprasian game-game berat yang kamu sedang mainkan. RAM akan berhenti bekerja ketika laptop ataupun komputer sudah benar-benar mati. Karena saat laptop sedang mati maka tidak akan ada program yang berjalan di latar belakang.

Baca juga: Dampak buruk menggunakan earphone bisa berakibat fatal

Alt Text!

Dalam hal kesempurnaan, tidak ada satupun yang namanya sempurna di dunia tak terkecuali dalam dunia elektronik seperti laptop dan komputer. Perangkat keras (hardware) juga mempunyai kekuarangan seperti halnya RAM yang memiliki penyakit seperti tidak terbacanya RAM walaupun sudah terpasang dengan benar.

Kamu pernah mengalami kejadian RAM kamu tidak terbaca walaupun sudah terpasang? pastinya kamu kesal dong jadi tidak bisa menggunakan laptop ataupun komputer kamu?

Ok simak cara mengatasi RAM rusak tidak terdeteksi ataupun tidak terbaca. Mungkin di bawah ini merupakan 5 penyebabnya dan cara ini terbukti ampuh untuk membetulkannya.

1. Membersihkan pin RAM

Cara ini tergolong paling sederhana, karena kamu cukup membersihkan pin RAM (bagian berwarna kuning keemasan) menggunakan penghapusan karet. Kenapa sih perlu dibersihkan? karena debu ataupun kotoran yang menutupi pin RAM akan membuat kinerja RAM bisa terganggu karena kehalangan debu, bahkan bisa sampai tidak terbaca sama sekali.

Cara ini tidak bisa kamu lakukan menggunakan software apapun karena ini perlu kerja langsung dengan mencopot RAM kemudian dibersihkan menggunakan penghapus karet dengan tangan kamu sendiri.Pastikan kamu membersihkan dengan baik dan benar. Tidak boleh terlalu ditekan dan tidak boleh terlalu cepat.

2. Membersihkan Slot RAM

Ketika RAM nya sudah dibersihkan namun masih tidak terdeteksi juga, coba curigai slot RAMnya mungkin saja kotor. Slot RAM yang kotor tidak akan bisa membaca pin RAM dengan baik dan benar. Biasanya slot RAM bisa kemasukkan debu ataupun kotoran kecil lainnya, salah satunya batu yang berukuran sangat kecil. Kamu bisa membersihkan slot RAM menggunakan kuas ataupun vacum cleaner. Satu catatan, jangan membersihkan menggunakan alat yang dapat merusak komponen yang ada di dalam slot RAM, karena kalau sudah rusak bisa berakibat sangat fatal.

3. Ganti Sistem Operasi (OS)

Siapa sangka ternyata sistem operasi juga dapat membuat RAM tidak terbaca oleh laptop kamu? Sistem Operasi yang tidak tepat dapat membuat laptop kamu kesulitan membaca RAM yang terpasang di laptop kamu. Kita ambil contoh seperti ini, ketika kamu mengupgrade RAM dari 4 GB menjadi 8gb namun OS kamu masih versi 32-bit maka OS kamu tidak sesuai dengan RAM yang 8 GB. Coba kamu upgrade OS kamu dari versi 32-bit menjadi versi 64-bit, semoga saja RAM kamu bisa terbaca kembali sebagaimana mestinya.

4. Menyetting RAM Terlebih Dahulu

Apabila masalah RAM kamu masih juga belum terselesaikan, coba deh untuk menyetting RAM kamu terlebih dahulu. Kamu bisa memanfaat MSConfig untuk memperbaiki RAM kamu. MSConfig terdapat fitur Maximum Memory, fitur ini dapat memperbesar kapasitas RAM kamu ketika sedang melakukan Booting. Kamu bisa memperbaiki masalah RAM kamu dengan cara berikut ini.

Baca juga: Tips supaya laptop kamu terhindar dari virus
  1. Klik tombol ctrl dibarengi dengan tombol r (ctrl+r).
  2. Jika muncul popup, kamu ketik saja MSConfig kemudian enter.
  3. Maka akan muncul menu sistem configurasi, kamu klik saja tab Boot.
  4. Setelah itu klik advanced options
  5. Pada bagian maximum memory kamu isi saja dengan jumlah maksimum kapasitas memori yang kamu gunakan.
  6. Jika sudah klik saja Ok.
  7. Kemudian restart laptop atau komputer kamu.

Tunggu laptop atau komputer kamu hingga selesai merestart, coba kamu lihat apakah RAM sudah terbaca atau belum.

5. Tips Terakhir adalah Ganti RAM

Jika kamu sudah melakukan semua cara di atas masih tetap saja tidak bisa, bisa jadi RAM kamu sudah benar-benar rusak. Kalau sudah rusak total tidak ada cara lain selain beli baru.

Namun sebelum beli RAM baru ataupun bekas, coba kamu pinjam RAM ke teman kamu terlebih dahulu dan pasang ke laptop kamu, apakah terdeteksi atau tidak. Apabila RAM teman terdeteksi di laptop kamu, bisa jadi RAM kamu yang rusak. Namun jika RAM teman tidak terdeteksi di laptop kamu tetapi di laptop teman terdeteksi, bisa jadi laptop kamu yang rusak. Kalau laptop kamu yang sudah diindikasi rusak, biaya yang keluar bisa sangat banyak hehe.

Baca juga: Tips merawat baterai tanam supaya tidak cepat rusak

Cukup segitu dulu tips dan trik mengenai cara mengatasi RAM tidak terdeteksi dari amtread. Sampai jumpa lagi di lain artikel hanya di amtrad.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar