Skip to main content

Cara Komplit Membuat Artikel Yang SEO Friendly Baik dan Benar

Dalam membuat blog ada keharusan bagi seorang blogger untuk menulis artikel secara rutin sesuai jadwal yang sudah ia tentukan. Namun menulis artikel tidak boleh hanya asal tulis saja yang penting jadi, tapi perhatikan juga yang namanya SEO (Search Engine Optimazion) dan User Experience.

Artikel SEO adalah artikel yang sudah menerapkan berbagai teknik SEO. Disini SEO  sangat berguna supaya artikel yang kamu tulis cepat terindex google, bahkan bisa masuk halaman pertama mesin pencari (Page One). Artikel yang masuk Page One berpeluang mendapatkan pengunjung dibandingkan dengan halaman kedua, ketiga, ataupun halaman ke 10. Artikel yang bagus bisa mendapatkan peringkat 1 di halamanan pertama mesin pencari. Jika artikel bisa masuk peringkat 1 maka sudah dipastikan itu bisa menjadi sumber trafik blog kamu.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Blog Supaya SEO

Namun kamu tidak boleh hanya memperhatikan SEO supaya bisa terindex google. Kenapa begitu? bukannya bagus jika masuk page one? betul itu memang bagus, namun artikel tidak akan masuk page one bila tidak ada pengunjungnya (viewer). Kamu juga harus memperhatikan yang namanya kenyamanan pengunjung ketika berkunjung ke artikel yang kamu tulis. Tata bahasa, pengolahan kalimat, dan juga penulisan huruf besar juga patut kamu perhitungkan ketika hendak menulis artikel yang baik di mata pengunjung. Istilah kerennya experience of user.

Membuat Artikel SEO Friendly
Artikel SEO Friendly is perfect content


Artikel yang memberikan user experience yang baik bisa disebut dengan artikel friendly. Yap friendly di sini menurut saya yaitu bersahabat, baik itu dalam artian mudah dipahami serta tulisan enak dibaca. Jika kamu hanya memperhatikan SEO namun tata bahasa hancur, viewer akan beralih membaca artikel ke blog lain.

Oleh karena itu kamu harus menyimak tata cara menulis artikel yang SEO Friendly sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.

Penulisan Artikel SEO Yang Benar Sesuai Kaidah Yang Berlaku


1. Judul Artikel Menarik Perhatian dan Bukan Clickbait

Dalam membuat judul artikel ada baiknya membuat judul yang dapat menarik perhatian viewer ketika ia sedang menggunakan search engine. Kamu bisa menambahkan kata yang sedikit melebih-lebihkan sehingga viewer tertarik melihat artikel kamu. Teknik artikel ini merupakan bagian dari SEO juga loh. Oke simak contohnya di bawah ini.

Contoh:


Keyword utama : Membuat Mie Ayam
Keyword SEO:


  • Cara Membuat Mie Ayam Terlezat
  • Teknik Membuat Mie Ayam Super Lembut
  • Cara Mudah Membuat Mie Ayam Bagi Pemula
  • Tips Dalam Membuat Mie Ayam Yang Lezat


Kamu bisa mengembangkan kata rayuan supaya viewer tertarik mengunjungi artikel kamu. Ingat tidak boleh menggunakan judul yang clickbait. Dalam kasus clickbait disini adalah judul yang menuliskan judul yang sangat berlebihan dan konten artikel tidak atau jauh dari kriteria yang judul maksud. Misalnya Cara Membuat Mie Ayam Dalam 1 Jam, namun nyatanya untuk mengikuti tutorial dari artikel yang dibaca bisa lebih dari 5 jam, itu namanya konten tidak sesuai judul. Jadi bikinlah judul artikel yang menarik dan pastikan juga kamu mampu membuat isi artikel yang tidak beda jauh dari tujuan judul artikel kamu.

2. Penyebaran Keyword

Dalam menulis artikel yang SEO, kamu harus mengetahui tentang teknik penyebaran keyword. Kamu bisa membuat 1 kata kunci di setiap paragraph dan dalam 1 paragraph tidak dianjurkan lebih dari dari 1 kata kunci yang dibidik. Namun Menyebar kata kunci atau keyword yang berlebihan itu tidak bagus juga di mata mesin pencari ataupun di mata viewer.

Google akan menganggap artikel itu spam apabila dalam 1 artikel memiliki banyak keyword yang ditulis secara berulang-ulang. Hasilnya  apa? artikel bisa terkena deindex (dari terindex jadi tidak terindex). Oleh karena itu kamu perlu ilmu LSI atau kata kunci turunan. Kamu bisa mempelajari tentang LSI dari berbagai sumber blog hebat yang membahas tentang SEO.

3. Membidik Keyword Lain Dalam 1 Artikel

Kamu bisa membidik keyword lain ketika kamu menulis artikel. Kamu bisa menggunakan plugin Keyword Everywhere, ataupun web riset keyword yang tersebar di google. Saran saya supaya kamu mudah menentukan keyword bidikan yang lain adalah dengan menggunakan fitur google suggestion. Google Sugestion akan berjalan ketika kamu mengetikkan kata kunci di kotak penelusuran google.


Bila gambar di atas tidak terlihat bisa kamu click atau tap untuk memperbesar. Biasanya google memberi saran kata kunci dilihat dari paling banyak dicari. Jadi kamu bisa menyelipkan beberapa kata kunci dalam artikel kamu walaupun judulnya beda. Eitsss tapi jangan asal masukkan saja, nanti malah kacau di search engine ataupun penilaian dari pembaca.

Misalnya kamu ingin membuat artikel tentang menulis artikel SEO Friendly, namun tidak ada salahnya jika di dalam salah satu paragraph kamu menyisipkan kata LSI, Riset Keyword, Keyword Everywhere, dan lainnya asalkan masih nyambung dengan isi bacaan. Saya tidak bisa menjelaskan secara rinci tentang bagaimana menembak keyword dalam satu artikel, kamu bisa mengakalinya sendiri supaya tulisan tetap nyambung dan tidak keluar dari konten yang dibawakan. Oh ya seperti poin nomor 2 yaitu kamu bisa menyebar setiap kata kunci turunan di beberapa paragraph ya.

3. Awal Paragraph dan Akhir Paragraph Mengandung Keyword Utama

Awal dan akhir paragraph sangat berperan penting dalam search engine. Google akan lebih memperhatikan awalan dan akhir paragraph apakah mengandung keyword yang sesuai dengan viewer cari atau tidak. Maka dari itu saran saya kamu menempatkan keyword utama di awal paragraph dan juga akhir paragraph.

Misalnya kamu membuat artikel dengan kata kunci utama membuat mie ayam, maka di awal paragraph kamu harus menulis kata membuat mie ayam dan di akhir paragraph kamu juga harus menuliskan kata membuat mie ayam supaya google bisa terfokus pada kata kunci utama yang kamu bidik.

4. Gambar

Dalam menulis artikel, gambar sangat berperan penting dalam search engine. Apabila kamu melalaikan hal ini, bisa-bisa artikel kamu bisa salah saing di search engine google ataupun search engine lainnya. Gambar artikel yang SEO harus memiliki syarat berikut ini:

1. Title dan Alt

Text pada title dan Alt harus mengandung kata kunci yang pas supaya gambar bisa terindex juga di search engine bagian gambar. Jika gambar tidak ada title dan alt maka gambar yang kamu masukkan terhitung tidak terdeteksi dengan benar. Sehingga saat viewer mencari gambar yang sesuai maka gambar artikel kamu yang seharusnya muncul jadi tidak muncul di image search engine.

2. Ukuran gambar tidak terlalu besar

Gambar dengan ukuran yang terlalu besar membuat loading artikel ketika dikunjungi menjadi lambat (lemot) sehingga membuat viewer langsung keluar dari halaman artikel kamu tanpa pikir panjang. Saran saya lebih baik menggunakan gambar dengan ukuran yang sederhana, sehingga gambar tidak akan pecah dan juga tidak terlalu bagus yang penting ringan ukurannya.

Itu 2 merupakan yang sering saya terapkan saja ya karena tidak ribet untuk melakukannya dan bisa bersaing di halaman satu google. Kembali lagi ke kualitas blog dan juga artikel kamu apakah bisa bersaing ataupun tidak.

5. Panjang Artikel Minimal 500 Kata

Artikel yang kata-katanya panjang pasti terdiri dari banyak keyword, sehingga jika banyak kata kunci yang dibidik dalam suatu artikel akan semakin bagus. Google juga suka artikel yang membahas materi sampai mendalam. Misalnya cara membuat mie ayam, nah di dalam satu artikel kamu menulis bahan apa saja yang disiapkan, alat apa saja, dana berapa yang diperlukan, berapa lama waktu pembuatan, dan masih banyak lagi.

Namun jika artikel terlalu panjang, membuat viewer mual hanya dengan mengscrollnya saja sehingga viewer enggan untuk membacanya dan langsung mencari artikel lain yang lebih enak untuk dibaca dan tidak terlalu panjang. Saran saya jangan menulis artikel lebih dari 1000 kata, ya walaupun pakar SEO di luar sana banyak yang menganjurkan 1000 kata atau lebih. Ya itu sih pendapat saya saja. Toh artikel ini pasti juga tidak dibaca secara keseluruhan, ngaku deh hehe.

6. Internal Link

Kamu bisa menambah link menuju artikel lain supaya viewer artikel kamu bisa kepo dikit dengan internal link yang kamu tulis. Internal link bisa menambah jumlah viewer juga loh, karena viewer akan diajak mengunjungi artikel blog kamu yang lainnya dan setiap artikel yang dikunjungi dihitung sebagai view. Bagusnya sih memasang internal link secara manual (dengan diketik tangan) seperti gambar di bawah ini.

Internal link mengarah ke artikel lain


Saran saya yang pertama adalah kamu membuat internal link yang sesuai dengan pembahasan yang dibawa sekarang. Misal sekarang artikel ini membahas tentang artikel SEO, coba pasang internal link ke artikel kamu yang membahas tentang SEO juga. Namun apabila tidak ada, coba pasang internal link sesuai label. Misal membahas tentang Mie Ayam, namun tidak artikel lain yang membahas tentang mie ayam, coba kamu pasang internal link ke artikel lain yang masih satu kategori dengan makanan.

7. Tidak Menggunakan Bahasa Alay

Jika kamu menggunakan bahasa alay seperti S4Y4 yang seharusnya SAYA, Bl*gg3r yang seharusnya Blogger, K4MU yang seharusnya kamu, maka google akan mendeteksi kata tersebut sesuai angka, huruf, ataupun simbol yang digunakan. Contoh saya mencari di google dengan kata kunci mie ayam, maka google akan menampilkan artikel yang berkaitan dengan mie ayam, dan tidak akan menampilkan artikel dengan tulisan m1e 4yam. Di mata google kata mie ayam dengan m1e 4ayam itu berbeda arti. Walaupun anak alay bisa paham juga sih.

Ada baiknya kamu menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan EYD. Namun bila tidak bisa atau tidak biasa menulis dengan bahasa baku, kamu bisa menulis dengan bahasa keseharian selama masih bisa dipahami pembaca dan masih bisa terdeteksi mesin pencari.

8. Perhatikan Titik dan Koma

Artikel yang tidak menggunakan titik dan koma dengan benar, maka akan membuat pembaca bingung dengan inti bacaan yang  sedang dia baca. Kamu harus sering-sering membaca buku ataupun blog-blog yang sudah bagus supaya kamu bisa meniru gaya penulisan di blog mereka. Tentunya juga perlu latihan juga.

9. Penggunaan Huruf Besar dan Kecil Yang Benar

Huruf besar dapat kamu gunakan di awal paragraph, nama kota, nama orang, sehabis titik, dan masih banyak lagi. Kamu bisa belajar itu semua dari google, sambil menulis sambil melihat panduan dari google. Apabila kamu menggunakan huruf besar semua itu beda makna sehingga bisa menimbulkan kesalahpahaman antara inti materi dengan pikiran pembaca. Oleh karena itu kamu harus sering latihan dan minta koreksi ke orang-orang terdekat terlebih dahulu tentang penulisan artikel kamu.

10. Penggunaan Font dan Atributnya

Kamu tidak boleh menulis dengan font yang alay ketika menulis artikel. Kenapa? karena font yang alay bisa membuat mata pembaca menjadi perih. Gunakanlah font yang biasa saja atau bisa kamu biarkan ke default biar enak dibaca. Ukuran font juga harus menyesuaikan ya, tidak boleh kekecilan dan tidak boleh kebesaran sesuaikan dengan target usia pembaca artikel kamu. Oh ya dalam menulis artikel tidak boleh banyak warna alay seperti ini, ini, ataupun ini. Duh kebayang tidak sih bila kamu membaca artikel yang banyak tulisan warna-warni seperti tadi?. Pasti kelihatan alay banget kan dan tidak terlihat profesional.

Sudah cukup segitu saja ilmu yang saya terapkan ketika menulis artikel yang SEO menurut saya pribadi hehe. Saya tidak akan menyalahkan pendapat masing-masing mengenai SEO yang diterapkannya, karena SEO itu tidak pasti juga dan bisa juga sesuai kehokian semata. Artikel yang SEO dan Friendly juga bisa tergantung dari template juga loh. Apabila templatenya tidak enak dipakai baik dari segi kecepatan, SEO atribut tidak memadai, dan desainnya jelek tidak baik kamu gunakan. Carilah template yang SEO Friendly di google, kalau bisa beli yang premium supaya kualitasnya terjamin.

Baca juga: Cara Simple Mengganti Template Blogger

Sekian artikel kali ini tentang membuat artikel yang seo friendly yang sesuai dengan kaidah penulisan. Percaya atau tidaknya kamu yang menentukan. Sampai jumpa lagi di lain artikel hanya di amtread.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar