Skip to main content

Cara Mengecek Broken Link di Suatu Blog Dengan Mudah

Link error atau broken link (404 not found) pada suatu blog dapat menyebabkan masalah besar. Salah satunya adalah menurunkan peringkat SERP blog kamu. Tak hanya menurunkan peringkat blog kamu di SERP, tapi blog kamu juga akan membuat kenyamanan viewer berkurang. Bahkan bisa membuat pengunjung blog jadi mengecap blog kamu buruk. Kalau blog kamu sudah dicap buruk maka pengunjung itu tidak mau mengunjungi blog kamu yang hasilnya mengurangi jumlah viewer kamu. Bahaya sekali bukan?.

Oleh sebab itu kamu perlu mengecek url yang rusak pada blog kamu secara berkala. Sebenarnya untuk mengecek broken link blog itu merupakan hal yang sangat mudah. Ada beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk mengecek link error atau link 404 not found pada blog kamu. Namun kamu harus mencari yang benar-benar berfungsi dengan baik dan benar. Jika kamu malas mencarinya, baiklah di sini saya akan memberi tahu sekaligus mengajarkan bagaimana cara menggunakan broken link checker ini.

Baca juga: 5 Plugin Chrome yang Wajib Dimiliki Blogger

Mengetahui dan mengatasi broken link


Penyebab kenapa ada broken link di blog kamu

  1. Url yang ada di blog kamu sudah di hapus atau sudah diganti.
  2. Kesalahan dalam menuliskan link yang mengarah ke tempat lain.
  3. Link yang menuju ke blog orang lain sudah mati (blog orang itu sudah dihapus atau telah diganti).
  4. Link pada komentar telah rusak atau error, jadi jangan sepelekan kolom komentar.

Setelah kamu sudah mengetahui beberapa penyebab kenapa ada broken link di blog kamu, maka kamu bisa mengecek lalu mengubah link mati menjadi link hidup.
Kamu bisa menggunakan tool atau website berikut untuk mengecek broken link pada blog kamu.

Website untuk mengecek broken link di blog kamu

Di sini saya akan menggunakan website siteliner.com karena menurut saya situs ini sangat komplit fiturnya dan mudah untuk digunakan.

Cara Cek Broken Link di Blog atau Website

1. Buka terlebih dahulu siteliner.com.

Siteliner broken link checker

2. Kemudian kamu masukkan link atau url blog yang ingin kamu cek. Kemudian klik Go.



3. Lalu kamu akan langsung disuguhkan ke hasil pengecekkan. Lihat apakah ada link error atau tidak.


4. Jika ada, langsung saja klik tulisan "broken link were found" (seperti tanda panah pada gambar di atas). Kemudian klik here.



5. Klik saja salah satu link error yang ingin kamu cek.



6. Lihat dimana letak link errornya. Link error ditandai dengan tulisan di blok merah. Kalau saya di tulisan "Profesi yang dapat diambil lulusan RPL".



7. Jika sudah tahu letak broken linknya di artikel yang mana, maka kamu langsung saja edit artikelnya dan ubah menjadi link yang baru. Jika tidak ada, hapus saja linknya.



8. Selesai deh. 1 Broken Link berhasil kamu betulkan.

Lakukan semua tahap di atas ke semua broken link yang ada di blog kamu. Setelah kamu mengedit artikel yang ada broken linknya, jangan lupa untuk disubmit ulang ke google search console supaya google bisa langsung merayapi perubahan dari artikel yang kamu edit dan langsung mengindex perubahannya.

Baca juga: Cara Ping Artikel Supaya Cepat Terindex Google

Sekian tutorial dari amtread.com mengenai mengecek dan mengatasi broken link pada blog. Sebar artikel ini ke teman blogger kamu supaya teman kamu bisa segera mengecek blognya sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar