Skip to main content

5 Bahaya Menggunakan Earphone Berdampak Buruk Bagi Telinga

5 Bahaya menggunakan earphone berdampak negatif untuk telinga - Manusia diciptakan dengan 5 panca indra. Bila salah di antara kelima indra tersebut mulai menurun fungsinya bahkan sampai tidak berfungsi sama sekali, itu akan membuat kinerja manusia berkurang. Salah satunya kuping, bila kuping daya pendengarannya sudah berkurang atau bahkan tidak dapat mendengar sama sekali maka manusia yang mengalami hal tersebut akan susah mendengar dan berkomunikasi.

Ada baiknya kamu menjaga telinga kamu supaya tidak berkurang pendengarannya atau istilahnya budeg.


Di jaman sekarang ini, orang lebih suka bermain gadget baik karena bermain game ataupun mendengarkan musik. Dalam kegiatan bermain hp pasti kebanyakan orang akan mendengarkan suara dari dalam hp menggunakan earphone.

bahaya atau dampak negatif menggunakan earphone

Lalu apa sih earphone itu?

Earphone sama halnya seperti headset yang merupakan alat penutup telinga namun bisa mengeluarkan suara. Namun jika headset menutupi seluruh telinga, earphone hanya menyumbat lubang kuping saja. Jadi earphone lebih mudah di bawah kemana-mana dibandingkan dengan headset.

Kenapa orang sering menggunakan earphone? berikut alasan atau kelebihan menggunakan earphone


  1. Menjaga privasi ketika di tempat umum.
  2. Mendengarkan suara lebih jernih dan lebih jelas.
  3. Bisa menghindari kebisingan dunia nyata.
  4. Berbicara melalui mic menjadi lebih jelas.
  5. Kelihatan lebih stylish (bergaya).
  6. Mudah dibawa kemana-mana.

Dari 5 keuntungan atau manfaat menggunakan earphone, ternyata ada bahaya ketika menggunakan earphone dengan cara yang salah. Kenapa bisa begitu? bukannya tinggal pasang di kuping aja ya? ya memang begitu cara menggunakannya. Namun jika menggunakannya secara berlebihan maka akan berdampak buruk bagi pendengaran telinga.

Berikut dampak buruk ketika kamu berlebihan menggunakan earphone

1. Dapat Menurunkan Pendengaran

Ketika kamu menggunakan earphone terlalu lama dan dengan volume yang besar, itu dapat membuat gendang telinga kamu terbiasa dengan suara yang besar. Kemudian jika kamu melepaskan earphone dari telinga kamu, otomatis gendang telinga tidak terlalu merespon suara yang lebih pelan dari suara earphone kamu sebelumnya. Hasil akhirnya ketika orang berbicara kepada kamu dengan nada pelan ataupun sedang, kamu akan sulit mendengar apa yang orang itu katakan kepada kamu.

Cara mengatasinya ialah dengan tidak menggunakan earphone dalam waktu tertentu hingga gendang telinga kamu bisa menyesuaikan diri lagi dengan lingkungan sekitar. Namun jika kamu sudah tidak menggunakan earphone dalam waktu yang sangat lama tetapi telinga masih budeg juga, segeralah periksa ke dokter.

2. Telinga Kemasukkan Kotoran

Perlu diperhatikan juga kebersihan dari earphone yang kamu gunakan, apalagi jika kamu menggunakan earphone yang menggunakan bantalan. Kenapa begitu? karena earphone yang menggunakan bantalan akan ada celah atau ruang dimana itu bisa dengan mudahnya dimasukkan kotoran, bahkan serangga sekalipun. Jadi kamu lebih baik mengecek terlebih dahulu apakah earphone kamu bersih ataupun tidak.

Cara mengatasinya dengan mengganti bantalannya saja ataupun copot bantalannya kemudian dibersihkan menggunakan air. Namun jika lubang suara earphonenya yang kotor, kamu bisa membasuhnya dengan tisu basah dengan syarat airnya tidak akan menetes kedalam hardware earphone.

3. Membuat Diri Menjadi Individualis

Ketika kamu sering menggunakan earphone, maka otomatis kamu sering mengabaikan lingkungan sekitar karena kamu hanya fokus terhadap alunan musik yang terdengar dari earphone kamu.
Saya sarankan kamu berhenti menggunakan earphone sementara waktu supaya kamu bisa lebih dekat dengan lingkungan kamu entah itu dengan teman, keluarga, sahabat, ataupun mantan. Namun jika kamu sudah terlanjur cuek terhadap lingkungan dan kamu sudah tidak mempunyai kerabat dekat, ada baiknya kamu mencoba pendekatan lagi terhadap lingkungan (pertama kali dari keluarga).

Baca juga: Tips menghindari pencurian smartphone ketika di tempat umum

4. Bisa Menyebabkan Kecelakaan

Nah ini sudah masuk ke poin hidup dan mati. Tidak terlepas dari poin nomor 3 yaitu kamu hanya fokus ke alunan musik dari earphone, sehingga saat ada suara klakson, suara palang kereta, ataupun suara penting lainnya jadi tidak bisa terdengar oleh kamu. Akibatnya kamu bisa kecelakaan.

Ada baiknya kamu tidak menggunakan earphone ketika naik kendaraan, baik itu mobil, motor, bahkan becak sekalipun. Supaya kamu bisa mendengar suara yang ada ketika di jalanan, ya walaupun bising sekali. Tapi setidaknya kamu bisa selamat sampai ke tempat tujuan.

5. Telinga Infeksi Akibat Tidak Adanya Udara Masuk

Earphone di buat supaya suara luar tidak terdengar ke telinga, sama halnya dengan udara. Udara tidak akan masuk ketelinga karena udara terhalangi oleh bentuk earphone yang sangat pas pada lubang telinga. Kita tahu bahwa orang yang sering menggunakan earphone memiliki kotoran telinga yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang jarang sekali menggunakan earphone. Telinga yang memiliki banyak kotoran akan membuat telinga lebih mudah infeksi.

Cara mengatasinya dengan cara jangan sering menggunakan earphone dan rajin-rajinlah membersihkan telinga. Dokter sekarang ada obat pembersih telinga, sekali tetes maka kotoran telinga baik yang sudah keras ataupun cair bisa keluar dengan lancar.

Berikut beberapa tips supaya kamu terhindar dari dampak negatif earphone

  1. Jangan Menggunakan earphone terlalu lama.
  2. Jangan menggunakan earphone dengan suara yang keras.
  3. Sering-seringlah memeriksa kebersihan earphone kamu.
Baca juga: Tips menghemat kuota ketika menonton youtube

Kesimpulan

Sebenarnya menggunakan earphone tidak menimpulkan dampak negatif begitu banyak dan begitu parah seperti halnya di atas, apabila kamu bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Boleh menggunakan earphone namun  kamu harus tahu tempat dan tahu waktu ataupun tahu batas penggunaan suara yang baik seperti apa supaya tidak membuat gendang telinga kamu rusak.

Baca juga: Tips alami menjadi selebgram terkenal

Nah itu tadi beberapa dampak negatif yang sangat berbahaya bagi telinga kamu. Sebarkan artikel ini kepada saudara, teman, sahabat, pacar, ataupun mantan kamu supaya mereka dapat terhindar dari bahaya yang akan menanti mereka. Kenapa harus menyebarkan artikel ini? karena artikel ini juga memberi solusinya, jadi kamu tahu bagaimana cara mengantisipasi ataupun mengatasinya bila telah terjadi. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya hanya di amtread.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar