Skip to main content

Berikut 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pelamar Pekerjaan

5 kesalahan yang sering dilakukan ketika melamar kerja di perusahaan


Kesalahan yang sering dilakukan ketika akan melamar kerja yang patut kamu hindari - Dunia lapangan kerja di Indonesia sudah sangat sempit, hal tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti masuknya warga asing ke Indonesia untuk melamar kerja, bertambahkan jumlah penduduk yang sangat cepat, dan juga pendatang baru dari desa ke kota untuk mengadu nasib dengan mencari pekerjaan. Akibat dari sempitnya lowongan pekerjaan yaitu banyak warga Indonesia yang menganggur.

Baca juga: Ciri-ciri penipu online jaman sekarang dan cara mengatasinya

Jika kamu pernah mencoba melamar pekerjaan di beberapa kantor, mungkin kamu sering ditolak dengan berbagai alasan.

Berikut kesalahan yang membuat kamu sering di tolak oleh kantor ataupun tempat kerja lainnya.

1. Kurang pengalaman

Banyak kantor yang mencari pegawai baru dengan pengalaman yang sudah banyak. Padahal pengalaman berkerja bisa didapatkan dari bekerja di suatu perusahaan tertentu. Contoh, misalnya kamu merupakan lulusan SMA dan akan langsung melamar pekerjaan, apakah kamu sudah punya pengalaman bekerja sesuai keinginan tempat yang ingin kamu lamar?

Tentu tidakkan?

Baca juga: Profesi yang dapat diambil oleh lulusan RPL

Seharusnya tempat bekerja seperti kantor, pertokoan, dan lainnya bisa menerima orang yang belum berpengalaman dengan catatan gajinya tidak langsung dikasih besar, supaya jika ada kesalahan tidak banyak merugikan tempat pekerjaan itu sendiri. Tujuannya adalah supaya orang yang belum punya pengalaman bekerja menjadi punya pengalaman bekerja.

Kemudian dinilailah hasil kerjanya dan kalau memungkinkan bisa dinaikkan gaji ataupun jabatannya.

2.  Tidak memadainya ijasah

Jika kamu merupakan orang yang tidak mempunyai ijasah yang memungkinkan untuk melamar pekerjaan pasti sangat sulit untuk bertahan hidup.

"Jangan kan hidup mewah, makan aja masih susah". Begitu yang sering pepatah katakan.

All hasil orang yang memiliki ijasah kurang memadai akan ditolak oleh berbagai perusahaan baik perusahaan kecil ataupun besar.

3. Perilaku yang tidak sopan

Ini kunci penting dalam melamar pekerjaan, karena jika pengalaman bagus, ijasah bagus, tapi perilakunya buruk maka perusahaan dengan senang hati untuk menolak si pelamar pekerjaan tersebut.

Di sekolah sudah diajarkan bahwa setiap manusia hidup harus dengan perilaku yang baik entah itu sopan, ramah, dan sebagainya supaya disenangi orang lain. Namun perilaku masih dapat diubah dan tidak ada kata terlambat untuk mengubah perilaku diri sendiri.

4. Gaya berpakaian yang buruk

Saat pelamar masuk kesebuah perusahaan maka yang pertama kali dilihat adalah pakaian. Yap jika orang tidak kenal atau istilahnya baru ketemu pasti yang dilihat adalah dari pakaiannya apakah rapih ataupun tidak. Kan tidak mungkin baru ketemu langsung bertanya bagaimana dengan ijasah kamu, ataupun bertanya tentang pengalamanmu sudah sejauh mana.

Jadi jangan pernah menggunakan pakaian yang berantakan saat akan melamar pekerjaan karena jika begitu maka first impression bos kepada kamu langsung jelek.

5. Kurang berdoa kepada tuhan

Ketika kamu sudah sangat percaya diri kalau bakal diterima pekerjaan dan kamu melupakan tuhan kamu ataubahkan sampai merendahkan bantuan dari tuhan kamu, itu merupakan kesalahan yang amat fatal!.

Jika kamu sudah sesombong itu sebelum dapat pekerjaan maka tuhan akan memberatkan langkah kamu untuk mendapatkan pekerjaan sehingga kamu akan sering ditolak oleh banyak perusahaan, namun jika kamu sudah diterima oleh perusahaan, kamu bisa saja diberi cobaan yang bisa membuat kamu frustasi akan pekerjaan yang kamu lakukan.

Jadi ada baiknya kamu berdoa kepada tuhan supaya mendapat pekerjaan yang layak dan dipermudah jalan rezekinya. So semua keputusan ada di tangan tuhan bukan di tangan bos.

Baca juga: Sulit dapat pekerjaan? Ini 5 pekerjaan yang ada dari Internet

Begitulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika melamar pekerjaan. Jika kamu sudah baca artikel ini, maka kedepannya harus merubah strategi kamu lagi ya supaya bisa diterima bekerja.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya hanya di amtread.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar