Skip to main content

Pengertian Carding Secara Rinci dan singkat


Hello sobat kembali lagi dengan saya amtread. Kali ini saya akan membahas tentang "Apa itu carding?".

Mungkin kamu merupakan orang yang suka berbelanja online baik dari situs dalam negeri ataupun luar negeri. Namun tanpa kamu sadari ternyata ada beberapa orang yang memanfaatkan kegiatan belanja kamu tersebut yaitu dengan mengambil data dari akun yang kamu gunakan untuk berbelanja dan mengambil data-data penting kamu seperti nomer kartu kredit dan masih banyak lagi.

Baca juga: Profesi yang dapat diambil lulusan RPL

ya bagi kalian yang penasaran arti dari carding maka kalian mengunjungi blog yang tepat.

Carding merupakan kegiatan dimana pelaku carding menggunakan kartu kredit orang lain untuk berbelanja di suatu website dengan cara memalsukan sebuah web supaya seolah-olah itu web belanja sungguhan ataupun membuat website supaya terlihat seperti web besar seperti amazon.com, banggood.com, dan masih banyak lagi. Nantinya saat kamu memasukkan data pembayaran seperti nomer kartu kredit, tanggal experied, dll kemudian ketika kamu submit atau kirim data maka data pembayaran akan terkirim ke pelaku carding bukan ke pemilik web besar yang seperti kamu kira. Kemudian data yang telah si pelaku carding terima digunakan untuk berbelanja dengan menggunakan data akun kamu yang sudah ada di pelaku carding tersebut.

Orang yang melakukan kegiatan carding disebut CARDER. Namun carding tidak hanya menggunakan kartu kredit orang lain tapi bisa juga menggunakan account amazon.com, akun paypal, dll. Seorang Carder melakukan Carding pasti mempunyai alasa tersendiri .

Berikut alasan Carder melakukan kegiatan carding ialah:
  1. Membutuhkan uang untuk hidup
  2. Ingin membeli barang tapi tidak punya uang (negatif)
  3. Hobi
  4. Ingin mempunyai gaya hidup mewah
  5. Hanya mengingat kembali ilmu yang dia punya (jika sudah pensiun/vakum)
Ya untuk alasan nomer 3 memang tidak masuk akal, tapi mau gimana lagi kalau para Carder sudah mempunyai kebiasaan melakukan carding atau bisa dibilang sudah mendarah daging. Supaya kamu bisa terhindar dari kelakuan carder, saya akan berbagi tips agar kalian tidak jadi korban dari para carder.

Baca juga: Pengertian dari hacker dan cracker

Cara agar tidak menjadi korban kegiatan carding ialah:
  1. Jangan pernah berbelanja di website tidak terkenal.
  2. Jangan pernah membocorkan informasi kartu kredit anda ke siapapun.
  3. Jika mendapat email atas akun anda (paypal or akun lainnya) silahkan cek ke aslian website yang dia berikan.Dia mengirim email ke anda  karena agar anda login ke website itu (Phising).
  4. Jika habis belanja dan ada struknya silahkan disimpan ditempat yang aman dan jangan dibuang disembarang tempat.
  5. Kalau bisa usahakan punya teman yang mengerti soal dunia IT agar kalian bisa bertanya dulu ke dia.
Memang cara di atas tidak menjamin 100% supaya kamu tidak terkenal korban kegiatan carding, namun bisa menjadi ilmu pengetahuan untuk kedepannya supaya kamu tahu di dunia internet tidak seaman yang kamu pikirkan, jadi di dunia nyata ataupun di dunia maya tetap waspada ya jika mau terhindar dari tindak kejahatan.

Baca juga: Pengertian singkat keyloger dan fungsinya

Mungkin cukup sekian artikel yang saya bawakan kali ini, jika kamu tertarik mengenai dunia IT baik tutorial hingga ke tips and trik, kamu bisa berkunjung ke Amtread.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar